IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS DI TINGKAT SMP (STUDI DI SMP N 2 DEMAK)


Zunanik Novita Sari , 3601415033 (2019) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS DI TINGKAT SMP (STUDI DI SMP N 2 DEMAK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS DI TINGKAT SMP (STUDI DI SMP N 2 DEMAK)]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS DI TINGKAT SMP (STUDI DI SMP N 2 DEMAK)) - Published Version
Download (815kB) | Preview

Abstract

Sistem Pendidikan Nasional Indonesia berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia. Akan tetapi, dengan adanya perkembangan era globalisasi saat ini, menyebabkan terkikisnya nilai-nilai budaya lokal khususnya bagi pelajar. Sekolah merupakan wadah yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai kearifan lokal, salah satunya dengan memanfaatkan keraifan lokal sebagai sumber pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kearifan lokal yang ada di Kabupaten Demak yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS di tingkat SMP, kemudian dianalisis bagaimana model pembelajaran IPS yang tepat dengan memanfaatkan kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran IPS di SMP N 2 Demak. Objek dalam penelitian ini adalah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, dan SMP N 2 Demak dengan subjeknya yaitu pengawas satuan pendidikan tingkat SMP dan guru IPS yang mengajar di SMP N 2 Demak. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua bentuk kearifan lokal yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS yaitu kearifan lokal berwujud nyata dan kearifan lokal tidak berwujud. Kearifan lokal berwujud nyata dapat diklasifikasikan menjadi beberapa bentuk yaitu sumber daya alam, bangunan, tradisi dan kebudayaan, serta nilai-nilai. Sedangkan kearifan lokal tidak berwujud dapat diklasifikasikan menjadi dua bentuk yaitu petuah-petuah serta mitos-mitos yang masih berlaku di Kabupaten Demak. Pemanfaatan kearifan lokal sebagai sumber pembelajaran IPS dapat diterapkan dengan model pembelajaran yang beragam. Saran, guru IPS harus memiliki pengetahuan yang luas tentang kearifan lokal. Selain itu, guru harus dapat memilih kearifan lokal apa saja yang dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS, Kearifan Lokal, Sumber Pembelajaran.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 17 Apr 2020 19:06
Last Modified: 17 Apr 2020 19:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35840

Actions (login required)

View Item View Item