KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING
Tina Fitria Sularsih , 4401414070 (2019) KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING)
- Published Version
Download (766kB) | Preview |
Abstract
Model project based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang disarankan agar siswa dapat memiliki keterampilan Abad 21. Pada abad 21 siswa dituntut menemukan sendiri konsep dasar suatu pengetahuan. Selain itu siswa diharapkan menguasai keterampilan-keterampilan yang berprinsip dari 4C yaitu Critical thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model project based learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan adalah One-group Pretest-posttest Design. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling, yaitu kelas XI IPA 4, XI IPA 5 dan kelas XI IPA 6. Data utama pada penelitian ini adalah pencapaian keterampilan proses sains dan hasil belajar ranah kognitif siswa, sedangkaan data pendukungnya yaitu data tanggapan siswa dan tanggapan guru. Pencapaian keterampilan proses sains siswa diperoleh dari kegiatan observasi berdasar lembar observasi dan rubriknya. Keterampilan proses sains dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil belajar ranah kognitif diperoleh dari hasil n-gain dengan menggunakan instrumen tes sebanyak 20 soal pilihan ganda. Data hasil belajar ranah kognitif juga digunakan untuk mengetahui ketuntasan klasikal siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Tanggapan guru diperoleh melalui wawancara dan hasil tanggapan siswa diperoleh dengan angket. Tanggapan siswa dan guru dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian keterampilan proses sains termasuk kriteria baik dan sangat baik sebesar 91,43%. Hasil belajar kognitif mencapai ketuntasan klasikal sebesar 86,67% dan memiliki nilai n-gain 0,73. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning pada materi sistem pencernaan efektif terhadap keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar ranah kognitif.Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan model pembelajaran khususnya Project Based Learning serta diharapkan mampu mempermudah siswa dalam emahami materi sistem pencernaan sehingga meningkatkan keterampilaan proses sains dan hasil belajar ranah kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | project based learning, keterampilan proses sains, hasil belajar. |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 20:35 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 20:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35830 |
Actions (login required)
View Item |