PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) ANUGERAH SYARIAH KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG


Cantika Ulfiana Putri , 7101414304 (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) ANUGERAH SYARIAH KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) ANUGERAH SYARIAH KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (KSPPS) ANUGERAH SYARIAH KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG) - Published Version
Download (939kB) | Preview

Abstract

Loyalitas anggota merupakan salah satu faktor untuk mempertahankan keberlangsungan koperasi dan menciptakan profitabilitas. Berdasarkan hasil observasi awal mengenai loyalitas anggota di KSPPS Anugerah Syariah Kecamatan Parakan, ditemukan bahwa loyalitas anggota mengalami penurunan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh positif dan signifikan dari kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Anugerah Syariah Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung secara simultan dan parsial . Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah populasi 6407 orang, kemudian menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan teknik perhitungan sampel menggunakan rumus slovin sehingga memperoleh 98 sampel di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Anugerah Syariah Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Sedangkan pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dilengkapi dengan metode dokumentasi. Kuesioner dibuat tertutup dengan skala likert. Analisis data menggunakan analisis analisis deskriptif, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis dan analisis regresi linier berganda Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh persamaan regresi Y= 16,182 + 0,198X1 + 0,367X2 + e. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas anggota sebesar 55,2%, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas anggota sebesar 9,12%, fasilitas berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas anggota sebesar 16,2%. Simpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh terhadap loyalitas anggota Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Anugerah Syariah Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini adalah pihak koperasi harus memberikan pelatihan dan pembinaan kepada karyawan dengan memasukan topik empati dalam program pelatihan tersebut serta menambah kebersihan dan kenyamanan pada ruang tunggu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Loyalitas Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2020 13:09
Last Modified: 15 Apr 2020 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35774

Actions (login required)

View Item View Item