PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN KERJA, KOMUNIKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO
Daniel Prananto , 7101414285 (2019) PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN KERJA, KOMUNIKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, DISIPLIN KERJA, KOMUNIKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PURWOREJO)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kepuasan Masyarakat sangat penting dalam kebijakan publik di era otonomi daerah dan perubahan pola pikir aparatur penyelenggara pelayanan publik kearah yang lebih baik dan berorientasi pada pelayanan prima. Namun, masih terdapat keluhan dari masyarakat yang merasa kurang puas seperti masih terdapat pegawai yang kurang ramah dalam melayani masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji teknologi informasi, disiplin kerja, komunikasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo yang melakukan permohonan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling dan penghitungan jumlah sampel menggunakan rumus iterasi yang diketahui bahwa jumlah sampel adalah 115 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, dan analisis linier berganda dengan menggunakan IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis linier berganda diperoleh persamaan : KM = 5,875 + 0,261TI + 0,254DK + 0,118Kom + 0,455KP + e. secara parsial Uji t variabel teknologi informasi diperoleh signifikansi 0,038 sehingga H2 diterima. Variabel disiplin kerja diperoleh signifikansi 0,066 sehingga H3 ditolak. Variabel komunikasi diperoleh signifikansi 0,274 sehingga H4 ditolak. Variabel kualitas pelayanan diperoleh signifikansi 0,000 sehingga H5 diterima. Uji F menunjukan bahwa signifikansi 0,000 sehingga H1 diterima, koefisiensi determinasi simultan (R2) antara teknologi informasi, disiplin kerja, komunikasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 63,7%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknologi informasi sebesar 3,88%, disiplin kerja berpengaruh sebesar 3,02%, komunikasi berpengaruh sebesar 1,08% dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 17,4% terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purworejo. Saran penelitian ini adalah kepada pegawai mampu meningkatkan ketrampilan penggunaan teknologi, menghargai waktu dengan baik saat bekerja, serta memperbaiki proses pelayanan melalui internet, dan meningkatkan fasilitas keamanan dalam ketersediaan lahan parkir yang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknologi Informasi, Disiplin Kerja, Komunikasi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Masyarakat |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 13:05 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 13:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35773 |
Actions (login required)
View Item |