FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU WAJIB PAJAK UNTUK MENGGUNAKAN E-FILING (Studi Kasus Badan Kepegawaian Daerah Kab. Semarang)


Saefudin , 7211414169 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU WAJIB PAJAK UNTUK MENGGUNAKAN E-FILING (Studi Kasus Badan Kepegawaian Daerah Kab. Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 7211414169.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

E-filing adalah suatu sistem pelaporan atau penyampaian pajak dengan Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan melalui sistem online dan realtime. Berdasarkan data pada sistem informasi Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah 1 penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang menggunakan e-filing baru 250.160 pengguna dari jumlah 575.987. Hal tersebut dapat diartikan Wajib Pajak yang menggunakan e-filing untuk pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan kurang dari 50%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemudahan wajib pajak untuk menggunakan E-Filing. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi (PNS) di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Semarang berjumlah 42 wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan data primer yang disebar tanggal 28 Mei-6 Juni 2018. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis partial least square dengan program SmartPLS Versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan kesiapan teknologi informasi berpengaruh terhadap kemudahan untuk menggunakan E-Filing, sedangkan variabel keamanan dan kerahasiaan, kerumitan, serta faktor sosial tidak berpengaruh terhadap kemudahan untuk menggunakan E-Filing. Simpulan dalam penelitian ini adalah keamanan dan kerahasiaan, kerumitan, dan faktor sosial tidak berpengaruh terhadap kemudahan wajib pajak untuk menggunakan e-filing. Saran untuk Direktorat Jenderal Pajak (DJP) perlu adanya peningkatan keamanan dan sosialisasi e-filing berkaitan dengan kemudahan penggunaan, kemudahan akses, sistem online dan realtime, dan keamanan penggunaan e-filing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-filing; Faktor Sosial; Keamanan dan Kerahasiaan; Kerumitan; Kesiapan Teknologi Informasi; Persepsi Kegunaan; Persepsi Kemudahan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 15 Apr 2020 01:54
Last Modified: 15 Apr 2020 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35770

Actions (login required)

View Item View Item