TRATEGI PEMBINAAN USAHA BATIK TULIS LASEM OLEH DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI, DAN UKM KABUPATEN REMBANG
Dina Maulidiyah, 7101415117 (2019) TRATEGI PEMBINAAN USAHA BATIK TULIS LASEM OLEH DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI, DAN UKM KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (TRATEGI PEMBINAAN USAHA BATIK TULIS LASEM OLEH DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI, DAN UKM KABUPATEN REMBANG)
- Published Version
Download (620kB) | Preview |
Abstract
Pembinaan yang diberikan oleh Pemkab Rembang melalui peran Dinindagkop dan UMKM terhadap potensi IKM Batik Tulis Lasem dapat meningkatkan kualitas produk serta pertumbuhan ekonomi yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan regulasi pembinaan, pelatihan – pelatihan, bidang pembinaan, faktor penghambat dan pendorong, serta keberhasilan pelaksanaan pembinaan. Strategi pembinaan merupakan suatu cara dalam menentukan kebijaksanaan untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah (UKM) pada jangka panjang dan dalam konteks pasar bebas terbuka. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada strategi pembinaan usaha Batik Tulis Lasem oleh Dinindagkop dan UMKM Rembang. Lokus terletak pada sentra usaha Batik Tulis Lasem serta kantor Dinindagkop dan UMKM Rembang. Teknik pengambilan data meliputi: observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification. Sumber data yang digunakan meliputi: pegawai Dinindagkop dan UMKM Rembang, pelaku usaha Batik Tulis Lasem, pengurus klaster, dan konsumen. Hasil penelitian bahwa regulasi pembinaan diatur pada Perbup No. 29 Tahun 2017 tentang pelestarian Batik Tulis Lasem. Regulasi tersebut terdiri dari lima ruang lingkup yaitu perlindungan motif, pengembangan pengetahuan, pembinaan pembatik dan pengrajin, pengembangan kawasan, dan promosi Batik Tulis Lasem. Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia maka diberikan berbagai bentuk kegiatan pelatihan yang didalamnya meliputi: peningkatan kualitas produk, mengembangkan modifikasi produk, serta pelatihan e-commerce. Dalam rangka memperkuat posisi usaha dilakukan cara pendampingan untuk memperoleh izin usaha. Bidang pembinaan terdiri dari bidang produksi, pemasaran, lingkungan sosial, dan perizinan. Selama kegiatan pembinaan berlangsung tidak ditemui faktor penghambat. Tingkat keberhasilan dari pelaksanaan pembinaan usaha batik tulis dapat berupa prestasi maupun pengetahuan. Saran yang diberikan meliputi: Pemerintah Kabupaten Rembang harus menyempurnakan regulasi yang mencakupi bidang permodalan, pengembangan showroom, serta pendampingan kepada pengrajin dan pembatik; sedangkan pealtihan yang diberikan harus ditingkatkan melalui metode, teknik, dan kuota pelatihan; pada pendampingan pemerintah harus memperluas jaringan perizinan hak merek kepada para pelaku usaha batik tulis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembinaan, Usaha Batik Tulis Lasem. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Apr 2020 18:42 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 18:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35699 |
Actions (login required)
View Item |