PENGARUH KOMUNIKASI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN JEPARA
Ayu Widi Pangesti , 7101415179 (2019) PENGARUH KOMUNIKASI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH KOMUNIKASI, FASILITAS PERPUSTAKAAN, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN JEPARA)
- Published Version
Download (613kB) | Preview |
Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna perpustakaan adalah kualitas pelayanan. Untuk mencapai kepuasan pemustaka atau pengguna perpustakaan, maka perpustakaan harus memberikan kualitas terhadap jasa yang diberikan. Melalui kualitas pelayanan yang diberikan harapannya kebutuhan pengguna perpustakaan dapat terpenuhi sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh variabel eksogen yaitu komunikasi, fasilitas perpustakaan, dan lingkungan kerja fisik terhadap variabel endogen yaitu kepuasan pengguna perpustakaan melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung perpustaakaan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Jepara yang jumlahnya tidak diketahui. Berdasarkan populasi tersebut diambil sebanyak 115 responden dengan perhitungan rumus iterasi dan menggunakan teknik sampling insidental. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk serta fit model pada asumsi SEM dengan Smart PLS sehingga model dinyatakan layak. Terdapat tiga hipotesis yang ditolak. Sementara itu, komunikasi berpengaruh 32,4% terhadap kualitas pelayanan, fasilitas perpustakaan berpengaruh 36,9% terhadap kualitas pelayanan, lingkungan kerja fisik berpengaruh 28% terhadap kualitas pelayanan. Selanjutnya, kualitas pelayanan memiliki pengaruh 72,8% terhadap kepuasan pengguna perpustakaan. Sementara itu, kualitas pelayanan berhasil memediasi komunikasi, fasilitas perpustakaan, dan lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan pengguna perpustakaan secara berturut-turut berpengaruh sebesar 23,6%, 26,9%, dan 20,4%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa 7 dari 10 hipotesis yang diajukan diterima. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah pihak perpustakaan perlu meningkatkan kualitas komunikasi yang terjalin dengan pengguna perpustakaan, penyediaan fasilitas perpustakaan yang lebih baik lagi, penyesuaian penggunaan warna cat dinding dengan kondisi di perpustakaan, memberikan pelayanan lebih tepat waktu sesuai dengan jam pelayanan yang ada, dan lebih tanggap dalam memberikan pelayanan dan menangani keluahan pengguna perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Fasilitas Perpustakaan, Lingkungan Kerja Fisik, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna Perpustakaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Apr 2020 18:35 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 18:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35697 |
Actions (login required)
View Item |