PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES


Muhammad Khoirul Anam NIM , 710141235 (2019) PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE-KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (557kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar digunakan sebagai acuan terhadap pembelajaran yang telah dilakukan yang mana hal tersebut dapat digunakan oleh pihak sekolah atau institusi sebagai standar berhasil tidaknya proses pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam pendidikan di Indonesia, pemerintah telah menetapkan standar nilai yang diperoleh peserta didik melalui ujian nasional, namun tidak semua peserta didik dapat mencapai batas nilai atau standar nilai yang baik dalam standar nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam standar ujian nasional, apabila nilai yang diperoleh kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima) termasuk dalam kategori kurang. Berdasarkan data dari Kemdikbud, kabupaten Brebes merupakan daerah dengan rata-rata nilai ujian nasional mata pelajaran ekonomi terendah di Jawa Tengah dengan rata-rata nilai 46,24. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu ada tidaknya pengaruh tingkat kehadiran dan penggunaan internet terhadap hasil belajar ekonomi, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi seluruh peserta didik jurusan IPS kelas X dan XI SMA Negeri se-kabupaten Brebes dengan sampel sebanyak 98 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan tingkat kehadiran dan penggunaan internet berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi, pengaruhnya sebesar 53,2%. Secara parsial tingkat kehadiran juga berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi, besarnya pengaruh tingkat kehadiran terhadap hasil belajar ekonomi adalah 9,9%. Kemudian untuk penggunaan internet secara parsial berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi, besarnya pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar ekonomi adalah 52,42%. Oleh karena itu, berdasarkan temuan tersebut peserta didik, orang tua, dan sekolah diharapkan mampu meningkatkan dan memotivasi peserta didik agar selalu hadir dalam pembelajaran serta membuat peserta didik untuk menggunakan internet dalam pembelajaran, begitu juga dengan guru, untuk dapat memberikan tugas dengan meminta peserta didik mencari referensi di internet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kehadiran, Internet, Hasil Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2020 18:23
Last Modified: 13 Apr 2020 18:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35695

Actions (login required)

View Item View Item