DETERMINAN MINAT SISWA AKUNTANSI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Empiris pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019


Sulastri , 7101412168 (2019) DETERMINAN MINAT SISWA AKUNTANSI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Empiris pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of DETERMINAN MINAT SISWA AKUNTANSI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Empiris pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019]
Preview
PDF (DETERMINAN MINAT SISWA AKUNTANSI UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Studi Empiris pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019) - Published Version
Download (944kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dengan melakukan wawancara terhadap guru dan sebagian siswa kelas XII serta melakukan pengamatan terhadap data lulusan siswa SMK Negeri 9 Semarang menunjukkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang belum optimal. Ditinjau dari tracer alumni juga menunjukkan lulusan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi kurang dari 20% sehingga belum mampu memenuhi salah satu Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMK yang dicanangkan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa akuntansi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMK Negeri 9 Semarang pada tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri 9 Semarang yang berjumlah 105 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan anggota sampel karena populasi relatif kecil. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 6 (enam) faktor yang mempengaruhi minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Faktor-faktor tersebut adalah variabel ekspektasi masa depan, variabel peluang, variabel perguruan tinggi, variabel situasi dan kondisi, variabel institusi pendidikan, dan variabel efikasi diri. Faktor yang memberi konstribusi paling besar adalah ekspektasi masa depan yaitu sebesar 51,99%, konstribusi terkecil diberikan oleh efikasi diri sebesar 1,21%. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Bagi siswa SMK Negeri 9 Semarang terus meninggikan ekspektasi masa depan dan menjaga motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (2) Dalam mengajar guru tetap memperhatikan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi; (3) Pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik dengan memberikan banyak beasiswa atau memberi jaminan kerja bagi para sarjana fresh graduate; (4) Orang tua sebaiknya memberikan dorongan kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Determinan, Minat, Melanjutkan Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Apr 2020 14:53
Last Modified: 13 Apr 2020 14:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35685

Actions (login required)

View Item View Item