EFEKTIVITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM EDMODO BERBASIS SMARTPHONE PADA HASIL BELAJAR SISWA


Sonalita Wiguna , 5302413052 (2019) EFEKTIVITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM EDMODO BERBASIS SMARTPHONE PADA HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM EDMODO BERBASIS SMARTPHONE PADA HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM EDMODO BERBASIS SMARTPHONE PADA HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan TIK yang pesat termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satu produk TIK yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran adalah internet. Pemanfaatan teknologi informasi seperti e-learning yang salah satunya melaui Edmodo, karena Edmodo mampu memberikan tata kelola pembelajaran yang lebih baik dan mudah. Edmodo diharapkan akan membawa perubahan yang berarti, baik dalam hal sistem pendidikan yang akan dikembangkan, materi yang akan disampaikan, serta pelaksanaan proses instruksional dan pembelajaran. Edmodo mempunyai kemampuan untuk memfasilitasi kelas digital dan komunitas pembelajaran yang besar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan efektivitas hasil belajar siswa yang menggunkan Edmodo berbasis komputer, dan Edmodo berbasis smartphone. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design desain Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Di dalam desain ini, penelitian menggunakan satu kelompok eksperimen dengan kelompok pembanding dengan diawali dengan sebuah tes awal (pretest) yang diberikan kepada kedua kelompok, kemudian perlakuan (treatment). Penelitian kemudian diakhiri dengan sebuah tes akhir (posttest) yang diberikan kepada kedua kelompok. Total sampel penelitian berjumlah 211 peserta dari tiga Sekolah Menegah Kejuruan yaitu SMK Negeri 2 Semarang, SMK Negeri 5 Semarang, SMK Negeri 10 Semarang. Berdasarkan hasil perhitungan dari hasil posttest antara kedua kelompok pada ketiga sekolah yang telah diuji menggunakan t-test dan gain score terdapat perbedaan. Pada kelompok eksperimenmenunjukan hasil uji gain score lebih tinggi dibanding kelompok lainnya. Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan edmodo berbasis smartphone dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Semarang, SMK Negeri 5 Semarang, SMK Negeri 10 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, edmodo, sekolah menengah kejuruan
Subjects: T Technology > Information and Computer
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2020 17:53
Last Modified: 09 Apr 2020 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35647

Actions (login required)

View Item View Item