APLIKASI I-REMO (INTRODUCTION REBANA MOBILE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUNYI DAN ALAT REBANA BERBASIS ANDROID


Putranto Setiawan , 5302412045 (2019) APLIKASI I-REMO (INTRODUCTION REBANA MOBILE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUNYI DAN ALAT REBANA BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of APLIKASI I-REMO (INTRODUCTION REBANA MOBILE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUNYI DAN ALAT REBANA BERBASIS ANDROID]
Preview
PDF (APLIKASI I-REMO (INTRODUCTION REBANA MOBILE) SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUNYI DAN ALAT REBANA BERBASIS ANDROID) - Published Version
Download (907kB) | Preview

Abstract

Di era arus globalisasi dan perkembangan zaman pada saat ini menyebabkan kesenian rebana yang memiliki ciri khas tersendiri sudah mulai menurun karena belum adanya media untuk membantu mengenal alat musik rebana. hal tersebut menyebabkan ketertarikan seni musik tradisional rebana sudah mulai menurun dan fasilitas alat musik yang harganya mahal karena terbuat dari bahan kulit binatang. Untuk itu perlu melakukan inovasi dalam segi rebana untuk bisa meningkatkan minat masyarakat didalam mengenal dan mempelajari kesenian rebana. Pada penelitian ini membahas tentang perancangan dan pengembangan aplikasi I-Remo (Introduction Rebana Mobile) yang berbasis android, sehingga pengguna dapat memainkan aplikasi I-Remo (Introduction Rebana Mobile) kapanpun dan dimanapun. Perancangan aplikasi I-Remo (Introduction Rebana Mobile) dimulai dengan observasi tentang bunyi – bunyi alat musik rebana dari berbagai daerah. Pengembangan aplikasi menggunakan software Adobe Flash CS6, CorelDraw X6, dan Cool Edit Pro yang diimplementasikan pada platform PC Windows. Pengujian aplikasi diuji secara kelayakannya oleh ahli materi, media, dan pengguna berdasarkan ISO 9126 dan kriteria kualitas multimedia. Hasil uji validasi I-Remo (Introduction Rebana Mobile) dari ahli media sebesar 93,75% masuk dalam kriteria sangat layak dan uji pengguna ke 20 responden ahli rebana sebesar 83,36% masuk dalam kriteria sangat layak. Aplikasi I-Remo (Introduction Rebana Mobile) layak dan efektif dijadikan sebagai alternatif media pengenalan bunyi dan alat rebana dalam rangka melestarikan kebudayaan di Indonesia. Saran pada penelitian lanjutan antara lain pengembangan fitur game multiplayer dan menambah sensivitas terhadap suara alat rebana ketika disentuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash CS6, Rebana, aplikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 09 Apr 2020 17:36
Last Modified: 09 Apr 2020 17:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35639

Actions (login required)

View Item View Item