PEMANFAATAN TRAINER PEMANCAR RADIO FM STEREO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 SALATIGA
Nur Arifah , 5301412071 (2019) PEMANFAATAN TRAINER PEMANCAR RADIO FM STEREO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PEMANFAATAN TRAINER PEMANCAR RADIO FM STEREO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK N 2 SALATIGA )
- Published Version
Download (881kB) | Preview |
Abstract
Pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi saat proses pembelajaran belum ada alat peraga seperti trainer. Tujuan penelitian adalah membuat trainer pemancar radio FM stereo yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Prosedur penelitian meliputi: observasi, pembuatan trainer, pengumpulan data dengan metode pretest dan posttest, uji validitas instrumen, dan analisis data dari hasil pretest dan posttest serta angket. Hasil penelitian menunjukkan nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,71 pada kriteria tinggi dan kelas kontrol menunjukkan nilai N-gain 0,56 pada kriteria sedang. Data uji kelayakan trainer oleh tim ahli mendapatkan hasil rata-rata prosentase 87,5 % pada kriteria sangat tinggi dan data uji kelayakan oleh siswa didapatkan 71,8% pada krtiteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa trainer pemancar radio FM stereo dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trainer, Pemancar, Stereo, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > Special Education > Electrical engineering education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 14:22 |
Last Modified: | 07 Apr 2020 14:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35589 |
Actions (login required)
View Item |