KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIK LANGSUNG DAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA ASPEK BERBICARA MENCERITAKAN KEMBALI TENTANG HARI BESAR NASIONAL DI INDONESIA BAGI PEMELAJAR BIPA 4 UNNES
Suin , 2101415077 (2019) KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIK LANGSUNG DAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA ASPEK BERBICARA MENCERITAKAN KEMBALI TENTANG HARI BESAR NASIONAL DI INDONESIA BAGI PEMELAJAR BIPA 4 UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIK LANGSUNG DAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA ASPEK BERBICARA MENCERITAKAN KEMBALI TENTANG HARI BESAR NASIONAL DI INDONESIA BAGI PEMELAJAR BIPA 4 UNNES)
- Published Version
Download (614kB) | Preview |
Abstract
BIPA merupakan suatu program yang membelajarkan bahasa Indonesia kepada orang asing sebagai bahasa asing. Sama halnya pembelajaran pada umumnya, Pembelajaran BIPA juga memerlukan metode khusus yang sesuai dengan aspek berbahasa dan tingkatan levelnya. Terkait dengan hal tersebut, perlu adanya metode yang sesuai dalam pembelajaran BIPA 4 tema hari besar nasional aspek berbicara. Hal tersebut dikarenakan metode yang digunakan berpengaruh terhadap pencapaian atau hasil akhir pembelajaran, sehingga perlu adanya metode yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan metode praktik langsung, mendeskripsikan keefektifan metode audiolingual, dan mendeskripsikan metode yang lebih efektif terhadap pembelajaran menceritakan kembali tentang hari besar nasional secara lisan pada pembelajar BIPA 4 UNNES dengan media tayangan youtube. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dua kelas eksperimen dan masing-masing kelas diberikan pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti adalah instrumen berbentuk tes, yaitu tes lisan dan nontes yaitu observasi tidak terstruktur dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif pada kelas eksperimen satu diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,50 dan posttest sebesar 76,75. Analisis uji-t prestest dan posttest kemampuan menceritakan kembali secara lisan tentang hari besar nasional di Indonesia pada kelas eksperimen satu diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,010. Hasil signifikasi tersebut kurang dari 5% atau 0,05, sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran menceritakan kembali secara lisan tentang hari besar nasional di Indonesia pada kelas eksperimen satu. Analisis uji-t prestest dan posttest kemampuan menceritakan kembali secara lisan tentang hari besar nasional di Indonesia pada kelas eksperimen dua diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,005. Hasil signifikasi tersebut kurang dari 5% atau 0,05, sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dalam pembelajaran menceritakan kembali secara lisan tentang hari besar nasional di Indonesia pada kelas eksperimen dua. Kedua media tersebut efektif untuk digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali tentang hari besar nasional yang ada di Indonesia secara lisan pada Pemelajar BIPA 4 UNNES. Oleh karena itu, dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t berupa independent sample t-test untuk mengetahuiix metode yang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran BIPA khususnya aspek berbicara. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa besarnya t-hitung adalah 2,678, df = 6, dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,037. Hasil uji-t perbedaan dua rata-rata posttest memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,037. Nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yaitu 0,037 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode praktik langsung lebih efektif dibandingkan dengan metode audiolingual dalam pembelajaran menceritakan kembali secara lisan tentang hari besar nasional Indonesia.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan berbicara; metode praktik langsung; metode audiolingual; pembelajaran BIPA. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 22:14 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 22:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35561 |
Actions (login required)
View Item |