KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENILAI HAL YANG DAPAT DITELADANI DARI TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE MEMBACA P2R DAN PACER PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA
ARGA AMRIYANWAR , 2101415072 (2019) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENILAI HAL YANG DAPAT DITELADANI DARI TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE MEMBACA P2R DAN PACER PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENILAI HAL YANG DAPAT DITELADANI DARI TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN METODE MEMBACA P2R DAN PACER PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA)
- Published Version
Download (694kB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan salah satu aspek pokok pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Peserta didik dituntut untuk aktif dalam menggali informasi yang dibaca. Oleh karena itu, pembelajaran membaca mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam pendidikan dan pengajaran. Pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada peserta didik kelas X memerlukan metode membaca yang efektif, sehingga dapat memotivasi peserta didik. Metode P2R dan PACER dapat melibatkan dan mengaktifkan peserta didik untuk membaca dengan tahapan yang terstruktur. Metode membaca P2R dan PACER suasana pembelajaran yang terkesan jenuh dan membosankan dapat diminimalisir, karena dengan menerapkan metode ini kondisi kelas menjadi lebih kondusif serta merangsang pola pikir peserta didik untuk mengungkapkan informasi yang terkandung dalam sebuah wacana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan metode membaca P2R terhadap pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada peserta didik kelas X SMA, (2) bagaimana keefektifan metode membaca PACER terhadap pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada peserta didik kelas X SMA, (3) manakah yang lebih efektif antara metode membaca P2R dan PACER terhadap pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design yang terdiri atas kelas eksperimen I dengan perlakuan metode P2R dan kelas eksperimen II dengan perlakuan metode PACER. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA yang diajarkan kompetensi dasar 3.14 menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada kurikulum 2013 revisi tahun ajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan purposive sampling, yaitu peserta didik kelas X IPA 6 dan X IPS 4 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel yaitu variable bebas (metode membaca P2R dan PACER), sedangkan variabel terikat (kompetensi menilai hal yang dapat diteladani). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan intrumen nontes berupa lemabr observasi dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dengan analisis nilai proses dan analisis sikap, serta melakukan uji diantaranya uji validitas,vii uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan metode PACER efektif, tetapi metode P2R lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi. Pada kelas ekperimen 2 (metode P2R) pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani menggunakan metode membaca P2R efektif, dibuktikan dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai pretest memdapatkan rata-rata 48,34 dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 100, sedangkan nilai posttest mendapatkan rata-rata 81,22 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100. Pada kelas eksperimen 2 (metode PACER) Pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani menggunakan metode membaca PACER efektif, dibuktikan dengan signifikansi 0,004 < 0,05. Nilai pretest memdapatkan rata-rata 50,68 dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 100, sedangkan nilai posttest mendapatkan rata-rata 69,41 dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 100. Pembelajaran menilai hal yang dapat diteladani menggunakan metode membaca P2R lebih efektif dibandingkan metode PACER, dibuktikan dengan signifikansi 0,026 < 0,05. Nilai posttest kelas eksperimen 1 (metode membaca P2R) mendapatkan ratarata 81,22 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100, sedangkan nilai posttest kelas eksperimen 2 (metode membaca PACER) mendapatkan ratarata 69,41 dengan nilai terendah 25 dan nilai tertinggi 100. Saran yang dapat diberikan ialah (1) guru bahasa Indonesia hendaknya berpikir kritis dan kreatif dalam memilih dan menggunakan model, metode, dan teknik yang tepat untuk materi pembelajaran yang akan diajarkan, (2) peserta didik hendaknya dapat menerapkan metode P2R maupun PACER dalam kegiatan membaca karena telah terbukti efektif, (3) peneliti lain hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk meningkatkan keterampilan membaca, khususya dalam membaca teks biografi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan membaca, teks biografi, metode P2R, dan metode PACER. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 22:01 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 22:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35558 |
Actions (login required)
View Item |