ANALISIS KELAYAKAN STRUKTUR, UNSUR, KEBAHASAAN DAN POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS BERITA HASIL KARYA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 31 SEMARANG DAN SMP ISLAM AL MADINA
Anis Nur Aini , 2101415016 (2019) ANALISIS KELAYAKAN STRUKTUR, UNSUR, KEBAHASAAN DAN POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS BERITA HASIL KARYA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 31 SEMARANG DAN SMP ISLAM AL MADINA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS KELAYAKAN STRUKTUR, UNSUR, KEBAHASAAN DAN POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS BERITA HASIL KARYA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 31 SEMARANG DAN SMP ISLAM AL MADINA)
- Published Version
Download (514kB) | Preview |
Abstract
Menyajikan data dan informasi dalam berita secara tertulis merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik. Penelitian ini mengkaji kelayakan struktur, unsur, kebahasaan, dan pola pengembangan paragraf pada teks berita karya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang dan SMP Islam Al Madina. Kegiatan menulis berita oleh peserta didik diawali dengan menentukan suatu peristiwa yang akan dijadikan topik berita. Setelah itu, peserta didik mulai menentukan kata, menyusun kalimat, sampai akhirnya membentuk paragraf-paragaf yang tersusun menjadi sebuah teks berita. Pembentukan sebuah paragraf yang utuh diperlukan adanya pengembangan paragraf. Tiap-tiap paragraf memiliki beragam pola pengembangan berdasarkan aspeknya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi struktur, unsur, kebahasaan, dan pola pengembangan paragraf pada teks berita karya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang, mendeskripsi struktur, unsur, kebahasaan, dan pola pengembangan paragraf pada teks berita karya peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Madina, dan mendeskripsi perbedaan penulisan struktur, unsur, kebahasaan, dan pola pengembangan paragraf pada teks berita karya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang dan SMP Islam Al Madina. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik dokumentasi. Tahapan yang dilakukan dalam analisis data, yaitu pemberian nomor data pada kartu data, menuliskan struktur, unsur, kebahasaan, dan jenis pola pengembangan paragraf pada setiap kartu data, mengidentifikasi struktur, unsur, kebahasaan, dan pola pengembangan paragraf, mengelompokkan hasil analisis, menyajikan analisis data yang telah dikelompokkan ke dalam bentuk deskripsi, membahas hasil analisis data yang dihubungkan dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian, dan membuat laporan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada teks berita karya peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 31 Semarang ditemukan sebagian besar teks berita yang ditulis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 31 Semarang belum sesuai karena hanya memenuhi dua struktur teks berita. Sedangkan, teks berita yang ditulis peserta didik kelas VIII SMP Islam Al Madina sebagian besar tidak sesuai karena hanya mencakup satu struktur teks berita. Teks berita hasil karya peserta didik kelas VIII sudah memenuhi keenam unsur teks berita yang meliputi what/apa, who/siapa, when/kapan, ix where/dimana, why/mengapa, dan how/bagaimanaSebagian besar teks berita hasil karya peserta didik kelas VIII belum menggunakan kebahasaan berupa kalimat langsung konjungsi bahwa dengan tepat, dan 5 pola pengembangan paragraf, yaitu pola pengembangan dengan pemerincian, sebab-akibat, kronologi, repetisi, dan definisi. Pada teks berita karya peserta didik kelas VIII di SMP Islam Al Madina ditemukan 5 pola pengembangan paragraf, yaitu pola pengembangan dengan kronologi, pemerincian, sebab-akibat, ilustrasi, dan dengan contoh. Dalam sajian teks berita jawaban atas unsur-unsur berita dituangkan ke dalam paragraf-paragraf yang memiliki gagasan utama di dalamnya. Teks berita terdiri atas dua bagian, yaitu lead atau kepala berita dan isi berita. Dalam menyajikan sebuah berita terdapat tiga pola pengembangan paragraf yang digunakan, yaitu pengembangan paragraf dengan pemerincian, pengembangan paragraf sebab-akibat, dan pengembangan paragraf dengan kronologi. Pada bagian berita terdapat penyampaian informasi secara rinci dan berupa fakta-fakta dalam sebuah peristiwa yang diberitakan. Pada bagian isi, terdiri atas jawaban dari pertanyaan mengapa dan bagaimana. Pada pengembangan pertanyaan mengapa sesuai dengan pengembangan paragraf sebab-akibat yang berisi alasan, deskripsi, serta rancangan sebab terjadinya suatu peristiwa dan pengembangan pertanyaan bagaimana sesuai dengan pola pengembangan paragraf dengan kronologi yang berisi uraian runtutan kejadian suatu peristiwa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Paragraf; Pola Pengembangan Paragraf; Teks Berita. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 17:40 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 17:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35514 |
Actions (login required)
View Item |