Kontruksi Sosial Guru Sejarah Terhadap Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Pada SMA di Kabupaten Semarang


Shinta Fakhmi , 3101415051 (2019) Kontruksi Sosial Guru Sejarah Terhadap Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Pada SMA di Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Kontruksi Sosial Guru Sejarah Terhadap Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Pada SMA di Kabupaten Semarang]
Preview
PDF (Kontruksi Sosial Guru Sejarah Terhadap Pembelajaran Sejarah Kurikulum 2013 Pada SMA di Kabupaten Semarang) - Published Version
Download (730kB) | Preview

Abstract

Pergantian Kurikulum dari KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran mengalami berbagai hambatan dalam penerapannya. Implementasi Kurikulum 2013 dapat mewujudkan visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional secara bertahap. Teori konstruksi sosial yang peneliti pakai dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial guru terhadap Kurikulum 2013 meskipun dalam penerapan Kurikulum 2013 mengalami banyak perubahan-perubahan dalam peraturan yang menjadi acuan pelaksanaannya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana konstruksi sosial guru sejarah terhadap Kurikulum 2013 pada SMA di Kabupaten Semarang ? (2) Bagaimana implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah pada SMA di Kabupaten Semarang ? (3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru pada pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam pembelajaraan sejarah pada SMA di Kabupaten Semarang ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu pada 5 SMA di Kabupaten Semarangantara lain SMA Negeri 1 Bergas, SMA Islam Sudirman Ambarawa, SMA Sedes Sapientiae Bedono, SMA Kartika III-I Banyubiru, dan SMA Kanisius. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah serta waka kurikulum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu (1) Wawancara, (2) Dokumen, dan (3) Observasi. Penelitian ini menguji objektivitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan terrdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah, konstruksi sosial guru sejarah terhadap Kurikulum 2013 pada SMA di Kabupaten Semarang bervariasi, karena proses dialektika yang guru alami melalui pengalaman yang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Guru dalam mengimpelentasikan Kurikulum 2013 pada pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik sekolah, sarana dan prasarana sekolah, serta karakteristik siswa. Dalam penerapan Kurikulum 2013 menimbulkan kendala yang beragam, kendala yang dihadapi guru yaitu mengenai keaktifan siswa, kurangnya literasi, penggunaan model dan metode pembelajaran, serta kurangnya pelatihan bagi guru untuk membantu pemahaman guru mengenai penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Saran yang peneliti ajukan ialah perlunya pelatihan, sosialisasi, ataupun seminar bagi guru secara merata mengenai penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran serta perlunya evaluasi penerapan Kurikulum 2013 secara berkala

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial, Kurikulum 2013, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:52
Last Modified: 31 Mar 2020 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35436

Actions (login required)

View Item View Item