KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI TERHADAP NILAI-NILAI KETELADANAN K.H AHMAD DAHLAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG


Ulfia Afidatul Jannah , 3101415012 (2019) KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI TERHADAP NILAI-NILAI KETELADANAN K.H AHMAD DAHLAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI TERHADAP NILAI-NILAI KETELADANAN K.H AHMAD DAHLAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG]
Preview
PDF (KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI TERHADAP NILAI-NILAI KETELADANAN K.H AHMAD DAHLAN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG) - Published Version
Download (655kB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai keteladanan pahlawan perlu dijunjung tinggi dengan penuh kebanggaan dan diamalkan dalam berbagai kegiatan pembangunan serta kehidupan sehari-hari. Memang harus diakui bahwa nilai-nilai keteladanan saat ini cenderung mengalami penurunan dalam pengamalannya. Oleh karena itu pengenalan nilai-nilai keteladanan perlu dilakukan dan disosialisasikan pada generasi muda. Nilai-nilai keteladanan pahlawan yang telah diamalkan merupakan bentuk suatu wujud kesadaran sejarah. Kesadaran sejarah dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengetahui nilai-nilai keteladanan tokoh Pahlawan Nasional K.H Ahmad Dahlan kedalam diri siswa melalui materi pembelajaran sejarah masa pergerakan nasional dan mata pelajaran Kemuhammadiyahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui nilai-nilai keteladanan dan ketokohan Ahmad Dahlan yang telah diterapkan dalam proses pembelajaran; (2) Mengedepankan penanaman nilai-nilai keteladanan tokoh Ahmad Dahlan dalam proses pembelajaran; dan (3) Menganalisis kendala proses pembelajaran tentang ketokohan Ahmad Dahlan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Informan adalah guru sejarah Ibu Mellya Naelal Husna, S.Pd, guru kemuhammadiyahan Bapak Drs. Giyatno dan 9 siswa kelas XI MIPA dan IPS SMA Muhamamdiyah 1 Semarang. Teknik pengumpulan data berupa: wawancara, observasi dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) K.H Ahmad Dahlan memiliki 5 nilai keteladanan yang tercantum dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu nilai religius, mandiri, gotong royong, nasionalis dan integritas; (2) Penanaman nilai keteladanan K.H Ahmad Dahlan pada pembelajaran sejarah kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Semarang kurang baik. Selain pembelajaran sejarah, mata pelajaran Kemuhammadiyahan juga berperan penting dalam proses penanaman nilai-nilai keteladanan K.H Ahmad Dahlan kedalam diri siswa; (3) Kendala dalam penanaman nilai-nilai keteladananan K.H Ahmad Dahlan dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya penggunaan model pembelajaran yang digunakan guru membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran sejarah dan kurangnya kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru, sehingga guru memiliki kesulitan terkait dengan perbedaan karakter siswa yang begitu banyak dan juga tidak mungkin guru dapat memahami karakter siswa satu persatu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Sejarah, Keteladanan, K.H Ahmad Dahlan
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:21
Last Modified: 31 Mar 2020 15:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35425

Actions (login required)

View Item View Item