PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS 1 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH Dr. KARIADI TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG


Akhmad Zuliyanto , 3101412076 (2019) PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS 1 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH Dr. KARIADI TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS 1 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH Dr. KARIADI TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS 1 TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH Dr. KARIADI TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG) - Published Version
Download (702kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu mengenai pembelajaran sejarah dan persepsi siswa tarhadap sosok Dr. Kariadi di SMA Kesatrian Semarang. Peneliti menyadari bahwa selama ini pembelajaran sejarah tentang nilai-nilai kepahlawanan lokal masih minim, seperti pembelajaran sejarah Dr. Kariadi hanya dipelajari di pertempuran lima hari Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembelajaran Sejarah Dr. Kariadi di kelas XI IPS 1 SMA Kesatrian 2 Semarang. (2) mendeskripsikan persepsi siswa tentang sosok Dr. Kariadi terhadap nilai-nilai kepahlawanan lokal. (3) mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran sejarah Dr. Kariadi di kelas XI IPS 1 SMA Kesatrian 2 Semarang. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif dimana peneliti memperlajari tentang masalah yang dihdapi di lapangan. Hasil dari penelitian kualitatif berupa data deskriptif, baik dalam bentuk kata-kata, tertulis maupun lisan dari hasil wawancara terhadap objek yang diamati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pengamatan dan wawancara langsung dengan informan, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang terkait dengan pembelajaran Dr. kariadi dan persepsi siswa kelas XI IPS 1 SMA Kesatrian 2 Semarang terhadap sosok Dr. Kariadi. Kemudian teknik keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi, dalam penelitian ini digunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran sejarah Dr. Kariadi sudah dilakukan di kelas XI IPS 1 dengan tema tentang nilai-nilai kepahlawan lokal Dr. kariadi (2) Siswa mempersepsi nilai kepahlawanan lokal Dr. Kariadi sebagai suatu sosok sejarah yang layak dipelajari dan sangat bermuatan edukasi. (3) Guru mengalami kendala yaitu kurangnya sumber sejarah dalam materi sejarah Dr. Kariadi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurangnya kurangnya sumber sejarah Dr. kariadi. Berdasarkan kesimpulan diatas peneliti memberi saran kepada guru untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan dan pengenalan tempat bersejarah kedalam materi sejarah lokal khususnya materi tentang Dr. Kariadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Dr. Kariadi, Persepsi, Kendala, Guru dan Siswa kelas XI SMA
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 13:15
Last Modified: 31 Mar 2020 13:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35414

Actions (login required)

View Item View Item