RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP MITOS CERITA ARYA PENANGSANG ADIPATI JIPANG


Nihlatin Wafiroh , 2601415098 (2019) RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP MITOS CERITA ARYA PENANGSANG ADIPATI JIPANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP MITOS CERITA ARYA PENANGSANG ADIPATI JIPANG]
Preview
PDF (RESEPSI MASYARAKAT TERHADAP MITOS CERITA ARYA PENANGSANG ADIPATI JIPANG) - Published Version
Download (539kB) | Preview

Abstract

Mitos cerita Arya Penangsang Adipati Jipang berasal dari cerita lisan, dari mulut ke mulut sampai saat ini masih hidup dan memiliki pengaruh begitu kuat terhadap masyarakat. Jaman semakin berkembang dan maju namun kepercayaan masyarakat terhadap mitos cerita masih mampu bertahan. Hal ini mendorong peneliti untuk untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terhadap mitos cerita Arya Penangsang. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana resepsi masyarakat terhadap mitos cerita Arya Penangsang Adipati Jipang, 2) Bagaimana fungsi mitos cerita Arya Penangsang Adipati Jipang. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengungkapkan tanggapan masyarakat terhadap mitos cerita Arya Penangsang Adipati Jipang, 2) mendeskripsikan fungsi mitos cerita Arya Penangsang Adipati Jipang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian hermeneutika karena tanggapan masyarakat berdasarkan pemahaman terhadap mitos cerita Arya Penangsang Adipati Jipang. Teori resepsi yang digunakan teori oleh Jauss estetika resepsi, karena penelitian ini difokuskan tanggapan, penerimaan atau resepsi masyarakat terhadap mitos cerita Arya Penangsang Adipati Jipang menyatakan esensi(makna) sepanjang zaman. Data yang diperoleh menggunakan pembacaan heuristik dari cerita lisan hasil wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis reseptif. Hasil penelitian ini berupa penerimaan pembaca dan fungsi mitos cerita. Pembaca terdiri dari pembaca A,B,C,E,F dan pembaca G. Pembaca melakukan pembacaan berdasarkan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan yang dianutnya, usia, dan sosial budaya. Tanggapan pembaca yang diberikan hampir sama, yang berbeda hanya tanggapan dari pembaca C yang diungkapkan dalam amanatnya ialah cerita yang dianggap gaib oleh masyarakat tidaklah baik untuk keimanan kita. Cerita yang diagungkan keberadaannya akan menjauhkan kita dari tuhan. Bagi masyarakat Jipang dan sekitarnya mitos cerita Arya Penangsang memiliki empat fungsi sebagai berikut, konservasi lingkungan, sosial budaya untuk agama atau kepercayaan, pranata masyarakat, alat pendidikan karakter. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian mengenai mitos cerita Arya Penangsang yang mencakup kajian resepsi diharapkan dapat dikembangkan lebih luas lagi oleh peneliti selanjutnya. Perlu dibuatnya buku cerita Arya Penangsang berbahasa Jawa dijadikan materi ajar mata pelajaran Bahasa Jawa disekolah untuk menyelamatkan cerita ini yang seakan menghilang ditelan bumi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resepsi, Mitos cerita
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Mar 2020 23:49
Last Modified: 30 Mar 2020 23:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35396

Actions (login required)

View Item View Item