HITAM PUTIH TOKOH KETOPRAK “DARPA KAYUN” KARYA SRI PAMINTO WIDI LEGOWO


Desi Noviasari , 2601415068 (2019) HITAM PUTIH TOKOH KETOPRAK “DARPA KAYUN” KARYA SRI PAMINTO WIDI LEGOWO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HITAM PUTIH TOKOH KETOPRAK “DARPA KAYUN” KARYA SRI PAMINTO WIDI LEGOWO]
Preview
PDF (HITAM PUTIH TOKOH KETOPRAK “DARPA KAYUN” KARYA SRI PAMINTO WIDI LEGOWO) - Published Version
Download (801kB) | Preview

Abstract

Darpa Kayun merupakan naskah ketoprak karangan Sri Paminto Widi Legowo yang dibuat pada tahun 2015. Pada penelitian ini dikaji pada aspek tokoh dan penokohan cerita. Tokoh dan penokohan merupakan salah satu unsur penting cerita. Sebuah cerita akan memberi kesan hidup dan menarik apabila terdapat unsur tokoh dan penokohan. Selain itu, unsur tokoh dan penokohan merupakan salah satu unsur yang membangun unsur yang lain. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana karakter hitam ketoprak Darpa Kayun karya Sri Paminto Widi Legowo; (2) bagaimana karakter putih ketoprak Darpa Kayun karya Sri Paminto Widi Legowo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakter hitam dan putih dalam naskah ketoprak Darpa Kayun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif. Sasaran penelitian adalah karakter hitam dan putih tokoh dalam naskah ketoprak Darpa Kayun karya Sri Paminto Widi Legowo. Penelitian ini menghasilkan dua simpulan. Pertama, karakter tokoh hitam meliputi tokoh utama antagonis dan tokoh pembantu antagonis. Tokoh utama antagonis adalah Demang Losari dan Pangeran Darpa dengan karakterlicik, kejam, tidak adil, serakah, egois dan keras kepala. Tokoh pembantu antagonis adalah Prajurit Singosari, Tumenggung Suryadipa, Patih Toyamerta dengan karakter patuh, disiplin, pengecut, bertanggungjawab. Kedua, karakter tokoh putih meliputi tokoh utama protagonis dan tokoh pembantu protagonis. Tokoh utama protagonis adalah Pangeran Kayun, Trusti dengan karakter bijaksana, berani, peduli sesama, jujur, tegas, tulus dan adil. Tokoh pembantu protagonis adalah Ratu Sepuh, Taruna, Nyi Patih Toyamerta, Tumenggung Martanegara, dan Abdi Kepatihan dengan karakter patuh, jujur, humoris, kritis, peduli, cerdas, adil dan tegas. Teknik penokohan yang digunakan untuk menggambarkan karakter tokoh tersebut yaitu teknik penokohan dramatik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan panduan untuk memahami aspek tokoh dan penokohan dalam drama ketoprak. Saran yang diberikan adalah agar dilakukan penelitian lanjutan yang mengkaji naskah ketoprak. Penelitian-penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan dan metode yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Darpa Kayun, Hitam Putih, Tokoh dan Penokohan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Mar 2020 23:39
Last Modified: 30 Mar 2020 23:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35393

Actions (login required)

View Item View Item