PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT DI JEPARA SEBAGAI PENGAYAAN MATERI AJAR LEGENDA KELAS VIII SMP
Siti Malikhah , 2601414057 (2019) PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT DI JEPARA SEBAGAI PENGAYAAN MATERI AJAR LEGENDA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU CERITA RAKYAT DI JEPARA SEBAGAI PENGAYAAN MATERI AJAR LEGENDA KELAS VIII SMP )
- Published Version
Download (879kB) | Preview |
Abstract
Cerita rakyat merupakan salah satu aset budaya bangsa yang harus dilestarikan. Salah satu pelestarian dari cerita rakyat yaitu dikenalkan kepada siswa dengan dimasukkan ke kurikulum dalam pendidikan. Akan tetapi, dalam pembelajaran di sekolah yang ada di Jepara, khususnya dalam materi ajar cerita legenda, cerita yang digunakan masih menggunakan cerita dari daerah lain, seperti Rawa Pening, Candi prambanan, dan Tlaga Sarangan, sehingga dibutuhkan materi yang lebih kontekstual. Oleh karena itu, peneliti melestarikan cerita rakyat di Jepara guna memperkaya materi cerita legenda dalam bentuk buku pengayaan berbahasa Jawa untuk pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui kebutuhan siswa dan guru mengenai buku cerita rakyat di Jepara sebagai pengayaan materi ajar legenda kelas VIII SMP, (b) mengembangkan prototipe buku cerita rakyat di Jepara sebagai pengayaan materi ajar legenda kelas VIII SMP, dan (c) mengetahui hasil validasi oleh ahli dan perbaikan prototipe buku cerita rakyat di Jepara sebagai pengayaan materi ajar legenda kelas VIII SMP. Pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengembangkan penelitian ini adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan buku pengayaan tentang cerita rakyat di Jepara yang isinya disajikan secara rinci, jelas, runtut, dan komunikatif dengan menggunakan bahasa Jawa ragam ngoko alus. Selain itu, siswa dan guru juga membutukan buku pengayaaan yang didalam buku tersebut disertai dengan gambar ilustrasi. Dari kebutuhan tersebut, maka disusunlah buku pengayaan cerita rakyat di Jepara dengan judul Jepara Sajroning Crita dengan ukuran 18,5 x 21 cm (A5). Isi dari buku cerita rakyat tersebut meliputi, Luweng Siluman Mandalika, Sungging Prabangkara, Raden Ayu Mas Semangkin, Mula Bukane Desa Tulakan, Ki Gedhe Ageng Bangsri, Curug Sanggalangit, Klenteng Hian Thian Siang Tee, Ratu Shima, Mula Bukane Desa Welahan, dan Ratu Kalinyamat. Setelah buku pengayaan disusun, selanjutnya diujikan kepada ahli. Dari uji ahli tersebut kemudian dilakukan beberapa perbaikan sesuai dengan saran dari ahli. Perbaikan tersebut yaitu (1) perbaikan warna pada judul buku yang ada pada sampul depan, (2) aspek kebahasaan, dan (3) aspek grafika. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran dari penulis yaitu, (1) bagi guru bahasa Jawa di Kabupaten Jepara, buku cerita rakyat Jepara ini dapat digunakan sebagai tambahan materi dalam pembelajaran, (2) bagi siswa, buku cerita rakyat Jepara ini dapat digunakan sebagai tambahan pengetahuan mengenai cerita rakyat yang ada di Jepara, (3) bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dilanjutkan untuk menguji efektivitas buku cerita rakyat Jepara. Uji efektivitas akan meningkatkan kualitas buku agar lebih baik lagi dan benar-benar dapat digunakan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerita rakyat, materi ajar, buku pengayaan |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 26 Mar 2020 15:37 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 15:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35347 |
Actions (login required)
View Item |