PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR IPA BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
LINA KUMALASARI, 0103516073 (2019) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR IPA BERMUATAN ETNOSAINS UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kumalasari, Lina. 2019. “Pengembangan Suplemen Bahan Ajar IPA Bermuatan Etnosains Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Karakter Siswa Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sudarmin, M.Si., Pembimbing II Dr. Sri Sulistiyorini, M.Pd.. Kata Kunci: bahan ajar, berpikir kritis, etnosains, karakter Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilaksanakan pada Sekolah Dasar di Kranggan, Temanggung terjadi kesenjangan dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013. Terbatasnya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 dan dalam menunjang proses pembelajaran guru cenderung menggunakan bahan ajar yang dikembangkan penerbit dan belum sesuai dengan karakteristik lingkungan siswa. Pemecahan masalah dilakukan dengan mengintegrasikan pembelajaran bermuatan etnosains melalui pengembangan bahan ajar. Tujuan penelitian untuk menganalisis karakteristik suplemen bahan ajar IPA, menganalisis kevalidan produk dan menguji efektifitas produk suplemen bahan ajar IPA bermuatan etnosains pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari 54 siswa yang merupakan siswa kelas IV SDN 1 Pendowo dan SDN 1 Badran Kabupaten Temanggung. Uji validitas produk diuji dengan melalui validasi dari praktisi dan ahli. Keefektifan produk melalui uji hipotesa dengan menggunakan Uji T melalui nilai pre tes dan pos tes. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik bahan ajar IPA bermuatan etnosains yang dikembangkan mengacu pada kemampuan berpikir kritis dan karakter siswa; 2) Uji kevalidan produk suplemen bahan ajar yang di uji oleh tujuh validator ahli materi dan praktisi yang semuanya mendapat kategori sangat baik, 3) Uji keefektifan suplemen bahan ajar IPA bermuatan etnosains efektif menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui uji t dengan besaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, berpikir kritis, etnosains, karakter |
Subjects: | L Education > teacher competence |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 17 Mar 2020 12:07 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 12:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35272 |
Actions (login required)
View Item |