MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOLINTANG SEBAGAI MATERI SENI BUDAYA DI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEGAL


Juwitantik Puspitaratna , 2501415034 (2019) MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOLINTANG SEBAGAI MATERI SENI BUDAYA DI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOLINTANG SEBAGAI MATERI SENI BUDAYA DI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEGAL]
Preview
PDF (MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KOLINTANG SEBAGAI MATERI SENI BUDAYA DI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 1 TEGAL) - Published Version
Download (763kB) | Preview

Abstract

Pada era modern ini remaja terdorong untuk mengikuti perkembangan zaman yang signifikan. Salah satunya pada bidang seni siswa lebih menyukai musik yang bersifat kekinian. Namun di SMA Negeri 1 Tegal siswa terlihat antusias dalam mengikuti pembelajaran kolintang. Motivasi mempengaruhi hasil belajar siswa dalam pembelajaran kolintang. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana motivasi siswa dalam pembelajaran kolintang di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Tegal. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang kolintang serta mengetahui motivasi siswa terhadap alat musik daerah khususnya kolintang bagi para guru dan pengembang ilmu seni. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk memperoleh data deskriptif mengenai motivasi siswa dalam pembelajaran kolintang. Pendekatan penelitian yang digunakan antaralain pendekatan psikologi, pendekatan pedagogik, dan pendekatan musikologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data seperti reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi ekstrinsik siswa seperti: perencanaan yang bervariasi, mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, sesuai dengan minat siswa, menciptakan suasana kelas yang kondusif, melibatkan diri membantu siswa, peduli dengan siswa, menghindari komentar negatif terhadap kelakuan buruk siswa, menghindari penggunaan ancaman, memberikan penghargaan, menentukan standar dalam pembelajaran, memberikan kritik dan masukkan, membuat tugas yang menimbulkan ide dan motivasi intrinsik siswa seperti: memiliki ketekunan, senang mencari pengalaman baru, ingin tahu, bisa mengerjakan tugas, berwawasan masa depan, berani menyatakan pendapat, mempunyai inisiatif, peka, percaya diri, dan memiliki rasa keindahan menyebabkan hasil belajar menjadi baik. Sesuai dengan hasil penelitian bahwa motivasi ekstrinsik dan intrinsik membawa dampak positif dalam hasil belajar siswa maka peneliti menyarankan guru seni budaya memanfaatkan motivasi ekstrinsik untuk menimbulkan motivasi intrinsik siswa. Guru dalam pembelajaran kolintang tidak menggunakan media audio visual, hal tersebut berdampak pada suasana di dalam kelas yang terkadang tidak kondusif dikarenakan siswa berbicara sendiri dengan temannya. Oleh karena itu guru diharapkan dapat menggunakan media audio visual untuk meningkatkan motivasi siswa dan menciptakan suasana kelas yang kondusif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi ekstrinsik, Motivasi intrinsik, Pembelajaran kolintang
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Mar 2020 13:35
Last Modified: 16 Mar 2020 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35258

Actions (login required)

View Item View Item