PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)


FADHILAH FATIHANNISA, 0103514042 (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_FADHILAH_FATIHANNISA.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Fatihannisa, Fadhilah. 2019. Perbedaan Hasil Belajar IPS Siswa Model Pembelajaran Jigsaw dan Student Team Achievement Divisions (STAD). Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Purwadi Suhandini. Pembimbing II Dr. Tri Suminar, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Jigsaw, STAD IPS merupakan mata pelajaran penting bagi pengembangan intelektual, emosional, cultural dan sosial bagi peserta didik, yaitu mampu menumbuhkembangkan cara berfikir, bersikap, dan berperilaku yang bertanggungjawab selaku individual, warga masyarakat, warganegara, dan warga dunia. Rata-rata hasil kognitif siswa dari keempat sekolah berdasarkan nilai UTS I hanya 35,4% siswa tuntas dan sisanya tidak tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan dan keefektifan hasil belajar IPS siswa antara model pembelajaran Jigsaw dan Student Team Achievement Divisions (STAD) pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian eksperimen komparatif ini menggunakan desain pretest-posttest comparations group design. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes dan nontes dengan teknik analisis data kuantitatif. Ranah kognitif siswa diukur menggunakan instrumen tes berupa soal pretes dan postes sedangkan untuk mengukur afektif dan psikomotor diukur menggunakan instrumen nontes berupa lembar observasi siswa. Hasil penelitian ini: (1) Tidak terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan STAD,tetapi terdapat perbedaan untuk ranah afektif dan psikomotorik. (2) Model pembelajaran Jigsaw lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS dibandingkan dengan model pembelajaran STAD. Keunggulan jigsaw pada ranah kognitif 84,17 dan ranah afektif 64,17 namun kelemahan jigsaw pada ranah psikomotor 63,09. Keunggulan STAD terletak pada ranah psikomotor 81,40 namun kelemahan STAD pada ranah afektif 59,58 berdasarkan hasil belajar IPS siswa. Model pembelajaran ini dapat di implementasikan oleh guru kepada siswa sebagai salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran di kelas yang dapat meningkatkan kualitas hasil belajar IPS dari ranah kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Jigsaw, STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 13 Mar 2020 19:28
Last Modified: 13 Mar 2020 19:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35257

Actions (login required)

View Item View Item