KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD


YANUAR AKHMAD, 0103517037 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_YAUAR.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Akhmad, Yanuar. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Siswa SD”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd. Pembimbing II Drs. Bambang Indiatmoko, M.Si.,Ph.D. 103 halaman. Kata Kunci: STEM, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar. Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA masih kurang optimal. Kesempatan siswa untuk menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri kurang optimal, sehingga siswa kurang dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya yang berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif. Kegiatan pembelajaran IPA siswa belum memiliki kontribusi secara maksimal dalam melatih keterampilan berpikir kreatif. Selain berpikir kreatif, motivasi belajar siswa juga harus dikembangkan. Motivasi belajar siswa ditingkatkan selama proses pembelajaran, maka dapat membantu siswa dalam meningkatkan semangat belajar serta meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Desain ini melibatkan dua kelompok subjek, satu diberi perlakuan eksperimental (kelompok eksperimen) dan yang lain tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol). Subyek penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri Rejosari 01 yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Siswa kelas IV SD Negeri Tersono yang berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest-posttest, kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t independent sample t-test, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif; (b) model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM efektif dalam meningkatkan motivasi siswa. Hasil uji N-Gain kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol sebesar 0,33 yang berkategori sedang dan kelas eksperimen sebesar 0,51 yang berkategori sedang. Sedangkan uji N-Gain motivasi belajar siswa kelas kontrol sebesar 0,29 yang berkategori rendah dan kelas eksperimen sebesar 0,56 yang berkategori sedang. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang berdampak meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Saran dalam penelitian ini adalah agar dikembangkan lebih lanjut dalam penelitain selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: STEM, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 13 Mar 2020 15:49
Last Modified: 13 Mar 2020 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35254

Actions (login required)

View Item View Item