KREATIVITAS KOREOGRAFI DAN ENKULTURASI TARI LIKURAI PADA SANGGAR TARI GREEN SMAN 4 KOTA KUPANG
YOSEFINA METAN, 0204517037 (2019) KREATIVITAS KOREOGRAFI DAN ENKULTURASI TARI LIKURAI PADA SANGGAR TARI GREEN SMAN 4 KOTA KUPANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Yosefina Metan. 2019. “ Kreativitas Koreografi dan Elkulturasi Tari Likurai pada Sanggar Tari Gren SMA Negeri 4 Kupang”. Tesis pada Program Studi Pendidikan Seni S2. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dr. Hartono. M.Pd, Pembimbng II Dr, Wadiyo. M.Si Kata kunci: Kreativitas, Koreografi, Enkulturasi, Tari Likurai. Kreativitas koreografi merupakan inovasi pada bentuk koreografi yang senantiasa memunculkan produk baru yang lebih bak dari sebelumnya dalam pertunjukan tari Likurai. Keunikan dari tarian likurai adalah pada bentuk kreativitas gerak yang menggunakan gerak improvisasi/ gerak bebas yang dilakukan pada setiap perpindahan formasi untuk menuju ke gerak selanjutnya. Tujuan penelitian untuk Menganalisis Kreativitas Koreografi Tari Likurai yang diciptakan oleh Sanggar Tari Green Kota Kupang dan menganalisis Proses Enkulturasi Koreografi Tari Likurai Melalui Proses Pembelajaran pada Sanggar Tari Green SMA N Kota Kupang. Metode penelitian kualitatif Interpretatif, pendekatan Interdisiplin. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Data primer yang peneliti lakukan pada penelitian ini melalui pengamatan langsung dengan cara observasi dan wawancara. Wujud data primer dalam penelitian ini berupa informasi lisan dan tindakan subjek penelitian, sedangkan sumber data sekunder data yang dimaksud bersumber dari para penari, managemen sanggar tari Green berupa buku atau dokumen-dokumen tentang Tari Likurai, data seperti foto-foto dan video yang didokumentasikan oleh pihak sanggar Green saat pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi, Wawancara, dan studi Dokumen. Teknik pengabsahan data derajad kepercayaan (credibility) dan untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan Konsep Koreografi menurut Hadi Sumandiyo dan Muhammad Jazuli dengan 3 tahapan yaitu : 1) Eksplorasi, 2) Improvisasi, 3) Komposisi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: Pertama, proses kreativitas koreografi menjadi bagian dari penampilan tari likurai melalui beberapa tahapan yang dilakukan untuk menemukan ide-ide baru yang diekspresikan melalui gerak, dengan terbentuknya tari melalui beberapa tahapan yaitu, eksplorasi, improvisasi serta komposisi/pembentukan. Kedua, proses enkultutasi tari likurai di sanggar SMAN 4 Kupang melalui beberapa komponen pembelajaran diantaraanya: tujuan, pendidik, peserta didik, materi, metode, media dan evaluasi. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi masyarakat Nusa Tenggara Timur dan peserta didik kedepannya untuk dijadikan bahan acuan dan masyarakat dapat terus melestarikan tarian Likurai dan mempertahankan adat istiadat berdasarkan makna dan nilai-nilai setiap daerah masing-masing dan sebagai media pendidikan dan muatan lokal pembelajaran seni.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Koreografi, Enkulturasi, Tari Likurai. |
Subjects: | L Education > Special Education > Art education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 13:57 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 13:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35247 |
Actions (login required)
View Item |