PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DI KELAS 5 SD NEGERI 03 WARU KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR: ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL


Meisera Fika Lathifasari , 2501415023 (2019) PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DI KELAS 5 SD NEGERI 03 WARU KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR: ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DI KELAS 5 SD NEGERI 03 WARU KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR: ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LAGU DAERAH DI KELAS 5 SD NEGERI 03 WARU KECAMATAN KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR: ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan di dunia pendidikan sebagai sarana dan media pembelajaran bagi sekolah. Siswa belajar akan mudah paham dengan menggunakan media audio visual. Penggunaan media audio visual pada pembelajaran lagu daerah di kelas 5 SD Negeri 03 Waru sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dan mutu sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media audio visual pada pembelajaran lagu daerah di kelas 5 SD Negeri 03 Waru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan paedagogik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data, waktu dan sumber. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual yang digunakan dalam pembelajaran lagu daerah diawali dengan kegiatan tahap perencanaan yang meliputi mengembangan silabus, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta menyiapkan materi dan media pembelajaran. Adapun kriteria media pembelajaran dengan memperhatikan kesesuaian pada komponen pembelajaran yang terdiri dari: (1) Tujuan pembelajaran, melalui pengamatan video lagu daerah menggunakan media audio visual siswa dapat menyanyikan lagu daerah sesuai teknik bernyanyi yang benar; (2) Materi pembelajaran yang disampaikan disusun dalam bentuk powerpoint; (3) Karakteristik media pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan penggunaan media, produksi media, dan prosedur penggunaan media; (4) Strategi pembelajaran menggunakan metode tanya jawab, diskusi, dan demonstrasi; (5) Proses Pembelajaran meliputi kegiatan pembuka, inti, dan penutup; (6) Evaluasi pembelajaran. Saran pada guru adalah: (1) Materi dalam powerpoint bisa dikembangkan dengan bagan dan tabel agar mudah dipahami siswa; (2) Memilih media audio visual dengan kapasitas tinggi agar gambar atau video lebih optimal; (3) Penyusunan teks pada powerpoint disesuaikan dengan karakteristik siswa. Sedangkan saran untuk pihak sekolah agar bisa menambah komponen audio visual seperti sound system agar pembelajaran lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Lagu Daerah, Media Audio Visual
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Mar 2020 13:05
Last Modified: 13 Mar 2020 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35245

Actions (login required)

View Item View Item