ANALISIS MISKONSEPSI TINGKAT PARTIKULAT MATERI HIDROLISIS DAN BUFFER MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE DENGAN CBT DAN ANALISISNYA MENGGUNAKAN MODEL RASCH


IFANDIKA DWI SEPTIAN, 0404517015 (2019) ANALISIS MISKONSEPSI TINGKAT PARTIKULAT MATERI HIDROLISIS DAN BUFFER MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE TIER MULTIPLE CHOICE DENGAN CBT DAN ANALISISNYA MENGGUNAKAN MODEL RASCH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_IFANDIKA_DWI_SEPTIAN.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Septian, Ifandika Dwi. 2019. Analisis Miskonsepsi Tingkat Partikulat Materi Hidrolisis dan Buffer Menggunakan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Dengan CBT dan Analisisnya Menggunakan Model Rasch. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing; I Dr. Endang Susilaningsih, M.S Pembimbing, II Dr. Sri Susilogati Sumarti, M.Si Kata kunci: Mixed method, Miskonsepsi, Hidrolisis, Buffer Hasil belajar siswa masih rendah. Siswa memiliki nilai rerata dibawah KKM. KKM ditentukan masing-masing sekolah. KKM di SMAN 9 semarang adalah 70. Rendahnya nilai KKM disebabkan siswa belum menguasai materi prasyarat yaitu asam basa. Berdasarkan data tersebut perlu dianalisis miskonsepsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi siswa materi buffer. Jenis penelitian ini adalah mixed method. Desain penelitian yang digunakan adalah sequential explanatory. Prosedur penelitian sesuai dengan sintaks mixed method. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 128 siswa dari SMAN 9 Semarang. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan 10 soal three tier multiple choice test yang menggunakan alasan dan keyakinan siswa. Hasil validasi soal tes dinyatakan valid dan reliabel. Data kualitatif dikumpulkan dengan wawancara pada siswa.Hasil penelitian didapatkan siswa paham konsep 16%, miskonsepsi tipe 1 19%, miskonsepsi tipe 2 22%, miskonsepsi tipe 3 37%, lucky (beruntung) 1%, tidak paham konsep tipe 1 1%, tidak paham konsep tipe 2 1%, dan tidak paham konsep tipe 3 3%. Manfaat penelitian ini dapat digunakan untuk mengetahui miskonsepsi pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mixed method, Miskonsepsi, Hidrolisis, Buffer
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 09 Mar 2020 19:33
Last Modified: 09 Mar 2020 19:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35193

Actions (login required)

View Item View Item