PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN BERNYANYI UNISONO DENGAN METODE SOLATMINGKOM DI SMP NASIMA SEMARANG


Archangela Gilarni Jafloenty Ikut , 2501414063 (2019) PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN BERNYANYI UNISONO DENGAN METODE SOLATMINGKOM DI SMP NASIMA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN BERNYANYI UNISONO DENGAN METODE SOLATMINGKOM DI SMP NASIMA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN INOVASI PEMBELAJARAN BERNYANYI UNISONO DENGAN METODE SOLATMINGKOM DI SMP NASIMA SEMARANG) - Published Version
Download (968kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bernyanyi unisono merupakan salah satu kompetensi dasar yang ditulis dalam kurikulum 2013 sub materi seni musik. Namun tidak semua anak bisa bernyanyi dengan teknik yang benar. Ketidakcocokan metode lama yang digunakkan membuat siswa sulit menangkap materi yang diberikan. Maka itu, diperlukan suatu inovasi metode pembelajaran dalam bernyanyi unisono. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan inovasi metode pembelajaran solatmingkom dalam pembelajaran bernyanyi unisono di SMP Nasima Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Nasima Semarang. Sasaran kajian dalam penelitian ini adalah guru pengajar yang menggunakkan inovasi metode pembelajaran solatmingkom dengan materi bernyanyi unisono serta beberapa siswa kelas VII C SMP Nasima Semarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah guru menerapkan inovasi metode pembelajaran solatmingkom dalam pembelajaran bernyanyi unisono. Metode solatmingkom yaitu gabungan treatmen solfegio, latihan alam, haming, dan kompetisi. Solfegio merupakan treatmen dalam melatih vokal siswa, yaitu dengan membaca notasi dan juga melatih ear training. Latihan alam yaitu treatmen untuk melatih power siswa supaya dapat bernyanyi lepas dengan cara berteriak-teriak di luar kelas. Kemudian treatmen haming digunakkan untuk melatih siswa untuk bernyanyi nada-nada tinggi dengan cara bernyanyi dengan mulut tertutup tetapi rongga mulut terbuka. Yang terakhir yaitu kompetisi, treatmen ini digunakkan untuk melatih siswa dalam berlomba-lomba menampilkan penampilan yang terbaik. Saran yang pertama berdasarkan hasil penelitian adalah yaitu guru perlu memberikan latihan membaca notasi dan melatih ear training siswa secara rutin agar terbiasa membaca notasi supaya tidak fals. Saran selanjutnya adalah perlunya memperbanyak strategi dalam pembelajaran bernyanyi unisono, tidak hanya solfegio, latihan alam, haming, dan kompetisi saja, bisa ditambahkan metode yang bervariasi seperti penekanan pada intonasi dan pernafasan diafragma, disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang sudah dibuat di RPP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Metode Pembelajaran, Metode Pembelajaran Solatmingkom, Bernyanyi Unisono
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Mar 2020 18:05
Last Modified: 09 Mar 2020 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35191

Actions (login required)

View Item View Item