KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MODEL MOTIVASI TRISULA UNTUK MENINGKATKAN CLASSROOM ENGAGEMENT DAN SELF DIRECTION LEARNING PADA SISWA SMA NW NARMADA LOMBOK BARAT
HERU ANDRIAN FATMAWIJAYA, 0106517059 (2020) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KLASIKAL BERBASIS MODEL MOTIVASI TRISULA UNTUK MENINGKATKAN CLASSROOM ENGAGEMENT DAN SELF DIRECTION LEARNING PADA SISWA SMA NW NARMADA LOMBOK BARAT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fatmawijaya, Heru Andrian. (2020). “Keefektifan Bimbingan Klasikal Berbasis Model Motivasi Trisula untuk Meningkatkan Classroom Engagement dan Self-direction Learning pada Siswa SMA NW Narmada Lombok Barat”. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr Sugiyo M.Si. Pembimbing II Dr. Edy Purwanto, M.Si. Kata Kunci: Model motivasi trisula, Classroom Engagement, Self-directed Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis keefektifan bimbingan klasikal berbasis model motivasi trisula untuk meningkatkan Classroom Engagement dan self-direction learning siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-test dan multiple post-test. Untuk lebih jelasnya, teknik purposive sampling digunakan untuk membagi 124 subjek eksperimen menjadi dua kelompok secara acak dengan masing-masing terdiri dari 62 siswa. Sementara itu peneliti menggunakan skala Classroom Engagement Inventory dan self rating scale of self-directed learning (SRSSDL) untuk mengumpulkan data. Hasil repeated measures ANOVA pada kelompok eksperimen setelah diberikan intervensi menunjukkan bahwa bimbingan klasikal berbasis model motivasi trisula efektif untuk meningkatkan classroom engagement dengan nilai (F (1,98) = 4.4; p<0.05) dan self-directed learning dengan nilai (F (1,92) = 4.29; p<0.05). Penelitian ini menegaskan bahwa bimbingan klasikal berbasis model motivasi trisula efektif untuk meningkatkan self-directed learning pada siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model motivasi trisula, Classroom Engagement, Self-directed Learning. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 18:20 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 18:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35184 |
Actions (login required)
View Item |