PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK PRASEKOLAH (4-5 TAHUN) BERDASARKAN TIPE POLA ASUH ORANGTUA
FITRI YULIANI, 0103515045 (2019) PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN DAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK PRASEKOLAH (4-5 TAHUN) BERDASARKAN TIPE POLA ASUH ORANGTUA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Yuliani,Fitri. 2019. Perbedaan Tingkat Kemandirian dan Kepercayaan Diri Anak Prasekolah (4-5 Tahun) Berdasarkan Tipe Pola Asuh Orangtua. Tesis. Pendidikan Dasar, Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Awalya, M.Pd, Kons. Pembimbing II: Dr. Tri Suminar, M.Pd Kata Kunci: Kemandirian, Kepercayaan diri, Pola asuh Masa anak usia dini sering disebut masa keemasan dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara cepat, sehingga anak membutuhkan stimulasi seluruh aspek perkembangan yang berperan penting untuk mencapai tugas perkembangan selanjutnya dan memaksimalkan potensi yang ada pada anak. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan kemandirian anak prasekolah (4-5 tahun) dengan pola asuh orangtua dan menganalisis perbedaan kepercayaan diri anak prasekolah (4-5 tahun) dengan pola asuh orangtua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah PAUD Gugus Nusa Indah kecamatan Candisari Semarang. Penetuan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan penghitungan jumlah sampel menggunakan teori slovin sehingga diperoleh sampel yaitu 112 anak usia dini. Metode pengumpulan data menggunakan kuestioner dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dengan bantuan software SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji ANOVA nilai probabilitas (PValue) sebesar 0,000. Apabila dibandingkan dengan nilai α yang digunakan (0,05) maka nilai probabilitas hitung lebih kecil dari nilai α atau 0,000 < 0,005. Sehingga diketahui bahwa terdapat perbedaan-perbedaan tingkat kemandirian dan kepercayaan diri anak prasekolah (4-5 tahun) berdasarkan tipe pola asuh orangtua. Terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak berdasarkan pola asuh orangtua perbandingan skala kemandirian dan pola asuh orang tua diperoleh nilai mean difference (MD) = 12,16 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri anak berdasarkan pola asuh orangtua perbandingan skala kepercayaan diri anak dan pola asuh orang tua diperoleh nilai mean difference (MD) = 18,5 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tingkat kemandirian anak berdasarkan tipe pola asuh orangtua.Terdapat perbedaan yang positif dan signifikan tingkat kepercayaan diri anak berdasarkan tipe pola asuh orangtua. Sehingga disarankan orang tua mengevaluasi dan lebih memperhatikan dan meningkatkan cara pengasuhan anak. Penelitian ini disarankan dapat menjadi salah satu referensi terkait penetahuan tentang tipe pola asuh orang tua dengan kemandirian dan tingkat kepercayaan diri anak usia dini dalam penerapannya proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian, Kepercayaan diri, Pola asuh |
Subjects: | L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 15:27 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 15:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35180 |
Actions (login required)
View Item |