PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI METAKOGNITIF
Riyan Dwi Cahyaningsih, 0106517009 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI METAKOGNITIF. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (30MB) | Preview |
Abstract
Cahyaningsih, Riyan Dwi. 2019. “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Keterampilan Membaca Bahasa Inggris melalui Strategi Metakognitif”. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Januarius Mujiyanto, M.Hum., Pembimbing II: Dr. Muhammad Khumaedi, M.Pd. Kata Kunci: Instrumen, Penilaian, Autentik, Bahasa, Inggris, Metakognitif. Instrumen penilaian yang ada saat ini belum dapat digunakan untuk menilai keterampilan membaca secara objektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen penilaian autentik keterampilan membaca bahasa Inggris melalui strategi metakognitif. Metode dalam penelitian ini mengadopsi penelitian pengembangan dengan 9 langkah pengembangan. Model modifikasi pengembangan instrumen Mardapi (2016) dilakukan melalui tiga tahap pendahuluan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap pendahuluan terdiri atas menentukan spesifikasi instrumen, menentukan sistem penskoran, menulis instrumen, sampai dengan menentukan spesifikasi penskoran. Tahap pengembangan terdiri atas telaah instrumen oleh para ahli, uji coba, analisis sampai dengan revisi. Tahap evaluasi terdiri dari merakit dan menyempurnakan instrumen. Validasi isi oleh tiga ahli, dianalisis menggunakan formula Aiken, reliabilitas para ahli dianalisis melalui Two Way Anova dan dianalisis kembali menggunakan formula Hoyt. Validitas konstruk dianalisis menggunakan analisis faktor eksploratori. Hasil validitas isi menunjukkan ke dua puluh empat indikator instrumen memiliki nilai ˃ 0,3 dengan total skor rata-rata 72 yang berarti instrumen penilaian autentik layak digunakan. Hasil reliabilitas berdasarkan telaah para ahli menunjukkan menunjukkan nilai 72 yang berarti tiap validator sepakat dalam menilai. Hasil KMO pada uji coba instrumen di lapangan menunjukkan nilai sebesar 0,886 MSA ˃ 0,5 dan signifikansi Bartlett’s test 0,000 hal ini berarti data layak untuk dianalisis lebih lanjut. Analisis faktor eksploratori menunjukkan terdapat tiga faktor yang berasal dari 24 item indikator. Nilai faktor loading pada masing-masing item yang ada pada setiap faktor yaitu ˃ 0,3 yang berarti keseluruhan item valid yakni faktor 1 adalah keterampilan yang dibutuhkan dalam pemahaman isi teks dan pemahaman detail isi teks, faktor 2 adalah keterampilan yang dibutuhkan dalam kelancaran pengungkapan dan ketepatan diksi, dan faktor 3 adalah keterampilan dalam penguasaan ketepatan struktur kalimat dan kebermaknaan penuturan. Berdasarkan uji reliabilitas Alpha Cronbach diperoleh nilai sebesar 0,954, instrumen dinyatakan reliabel. Kesimpulan menunjukkan instrumen penilaian autentik keterampilan membaca bahasa Inggris melalui strategi metakognitif pada mahasiswa PBSI FKIP UMK yang dikembangkan valid, reliabel dan layak digunakan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui efektivitas dari instrumen penilaian autentik keterampilan membaca bahasa Inggris melalui strategi metakognitif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, Penilaian, Autentik, Bahasa, Inggris, Metakognitif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 19:21 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 19:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35134 |
Actions (login required)
View Item |