PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN TEMATIK.


HARTANTO, 0106517065 (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN TEMATIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_HARTANTO.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

HARTANTO, 2020. “Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik”. Tesis. Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Ani Rusilowati., M.Pd, Prof. Dr. Kartono, M.Si Kata kunci: Pengembangan Instrumen, Asesmen, Pembelajaran Tematik Ketersediaan instrumen asesmen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD masih terbatas, sehingga perlu dikembangkan. Tujuan penelitian pengembangan Instrumen asesmen model essay. Penelitian pengembangan ini, menggunakan metode pengembangan Borg & Gall. Instrumen asesmen divalidasi 5 Expert Judgment dianalisis menggunakan formula Aiken’V, hasil uji coba empiris validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), reliabilitas interater menggunakan Two Ways Anova dibuktikan dengan formula Ebel dan reliabilitas konsisten internal dengan formula Alpha Cronbach. Hasil validasi Expert Judgment diperoleh koefisien validitas ≥ 0,8. Hal ini berarti bahwa 10 butir soal kategori valid. Validitas konstruk menggunakan LISREL 8.8 yaitu CFA memenuhi pengujian goodness of fit nilai GFI=0,93, CFI=0,97 dan NFI=0,9. Ketiga kriteria pengujian memiliki nilai > 0,90, sehingga dapat disimpulkan validitas konstruk terpenuhi. Validitas konstruk juga dibuktikan dengan factor loading dari 10 butir soal, semua memiliki harga > 0,3. Reliabilitas interrater instrumen asesmen berdasarakan Expert Judgment nilai koefisien 0,62 kesepakatan ahli menandakan bahwa pemberian rating yang telah dilakukan oleh masing-masing rater adalah reliabel atau konsisten antara satu dengan yang lain dan konsistensi internal hasil uji skala kecil nilai koefisiensi alpha 0,861, skala besar 0,813. Kepraktisan instrumen asesmen berdasarakan penilaian para ahli dengan mean 37,2 dengan kategori sangat praktis. Profil kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dengan rata-rata kategori “Sedang”. Simpulan instrumen asesmen kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pemelajaran tematik, memenuhi jumlah kriteria yang ditetapkan sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Asesmen, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 03 Mar 2020 18:03
Last Modified: 03 Mar 2020 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35132

Actions (login required)

View Item View Item