IMPLEMENTASI MEDIA MOMON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF DI SD NEGERI TEGALSARI 01 SEMARANG
MUHAMMAD BUKHARI MASRURI, 0103516092 (2020) IMPLEMENTASI MEDIA MOMON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF DI SD NEGERI TEGALSARI 01 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Muh Bukhari Masruri. 2019. “Implementasi Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Berbasis Tematik Integratif di SD Negeri Tegalsari 01 Semarang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd, Pembimbing II Dr. Sunarto, S. Sn., M.Hum. Kata Kunci: media momon (monopoli modifikasi), hasil belajar matematika, pembelajaran tematik integratif. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk dapat mencapai hasil pembelajaran. Hasil pembelajaran dapat maksimal apabila dalam proses pembelajaran guru melakukan usaha-usaha tertentu agar siswa dapat belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran sangat diperlukan karena dalam pengamatan peneliti di SD Negeri Tegalsari 01 dalam mengajar guru belum menggunakan media pembelajaran dan nilai Matematika siswa belum mencapai KKM yaitu 70. Untuk itu, dalam penelitian ini peneliti akan meneliti tentang media Momon dan hasil belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi media momon (monopoli modifikasi) terhadap kemampuan memahami nilai tempat penyusun bilangan dua angka dan hasil belajar matematika pada anak kelas I Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah anak kelas I SD Negeri Tegalsari 01 kelas A sebanyak 20 anak sebagai kelas eksperimen dan anak kelas I SD Negeri Tegalsari 01 kelas B sebanyak 24 anak sebagai kelas kontrol. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Hasil penelitian pada kemampuan memahami nilai tempat penyusun dua angka dan hasil belajar matematika menunjukkan rerata nilai tes awal pada kelas eksperimen 7,13 dan kelas kontrol 7,34, sedangkan untuk rerata nilai tes akhir pada kelas eksperimen 8,09 dan kelas kontrol 7,50. Berdasarkan hasil penelitian tersebut tampak bahwa media monopoli efektif dapat meningkatkan hasil belajar kelompok kontrol dengan ditandai peningkatan hasil tersebut. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media momon (monopoli modifikasi) secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pembelajaran tematik pada materi mengenal benda hidup dan tak hidup di sekitar kita dan menjelaskan nilai tempat penyusunan dua bilangan. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk menggunakan media momon (monopoli modifikasi) dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media momon (monopoli modifikasi), hasil belajar matematika, pembelajaran tematik integratif. |
Subjects: | L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 13:50 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 18:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35105 |
Actions (login required)
View Item |