STRATEGI PEMASARAN KORAN WAWASAN DALAM MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR DI SEMARANG


HENDRAS SEPTIAWAN, 0701514037 (2020) STRATEGI PEMASARAN KORAN WAWASAN DALAM MEMPERTAHANKAN PANGSA PASAR DI SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_HENDRAS.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Septiawan, Hendras. 2020. “Strategi Pemasaran Koran Wawasan dalam Mempertahankan Pangsa Pasar Di semarang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Rusdarti, M.Si., Pembimbing II Dr. Y. Titik Haryati, M.Si. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Pangsa Pasar, Internal, Eksternal Perkembangan industri media massa pada saat ini, khususnya koran begitu pesat, banyak koran yang beredar di masyarakat, sehingga masyarakat bisa dengan mudah memperoleh suatu berita tanpa harus menunggu proses yang lama. Koran Wawasan dalam mempertahankan eksistensi tergolong cukup bagus, hal ini bisa dibuktikan bahwa koran tersebut masih tetap berdiri walaupun sudah lebih dari 29 tahun. Koran Wawasan dengan eksistensinya mampu berbagai informasi yang dirangkum dalam sebuah berita kepada seluruh masyarakat dengan cepat dan tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Mengetahui kondisi internal dan eksternal Koran Wawasan dalam mempertahankan pangsa pasar di Semarang. 2). Mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan perusahaan berdasarkan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan konsep Fred R. David (2001) melalui 3 tahap perumusan strategi yaitu : tahap masukan, tahap pencocokan, dan tahap pengambilan keputusan. Pada tahap pertama digunakan matriks IFE (Internal Factors Evaluation) dan EFE (External Factors Evaluation). Pada tahap kedua digunakan Matriks IE (internal-Eksternal) dan Matriks SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats). Pada tahap tiga digunakan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Hasil penelitian ini diperoleh : Pada tahap pertama, hasil IFE (Internal Factor Evaluation) matriks diperoleh weighted score sebesar 2,356, sedangkan hasil EFE (External Factor Evaluation) matriks menghasilkan weighted score sebesar 2,18. Pada tahap pencocokan Matrik IE (Internal-External) perusahaan berada pada posisi yang stabil. Strategi pemasaran yang layak digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Pada Tahap tiga pengambilan keputusan diperoleh strategi alternatif yang dapat diimplementasikan pada Koran Wawasan yaitu penetrasi pasar dengan TAS sebesar 4,406. Hasil perhitungan dari IFE (Internal Factor Evaluation) menunjukkan bahwa modal atau keuangan menjadi kekuatan terbesar Koran Wawasan dalam mempertahankan pangsa pasar di Semarang. Sedangkan agen koran yang terbatas menjadi kelemahan terbesar yang dialami oleh Koran Wawasan. Hasil perhitungan EFE (External Factor Evaluation) menunjukkan bahwa penyajian berita yang kreatif dan inovatif menjadikan peluang utama perusahaan koran Wawasan dalam mengembangkan usaha dan mempertahankan pangsa pasar di kota Semarang. Sedangkan ancaman terbesar yang dihadapi Koran Wawasan dalam mempertahankan pangsa pasar di Semarang adalah persaingan harga koran. Saran dari penelitian ini, strategi pemasaran Koran Wawasan perlu ditingkatkan, khususnya dalam disitribusi koran. Harga koran ditetapkan sesuai dengan harga pasar. Memanfaatkan kemajuan teknologi, dan memiliki percetakan koran sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Pangsa Pasar, Internal, Eksternal
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 28 Feb 2020 13:21
Last Modified: 28 Feb 2020 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35102

Actions (login required)

View Item View Item