PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “BOLOKUNCORO” DALAM KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI DI KOTA SOLO


LUTHFIA KARIMAH, 0108517003 (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “BOLOKUNCORO” DALAM KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI DI KOTA SOLO. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_LUTHFIA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Karimah, Luthfia 2020. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Bolokuncoro Dalam Kemampuan Literasi Anak Dini di Kota Solo” .Tesis. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Prof. Dr. Haryono, M.Psi. Pembimbing II, Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom, Ph.D. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif. Literasi. Anak Usia Dini Kota Solo menunjukan kepedulian serta keseriusanya dalam berkomitmen menumbuhkan budaya literasi sejak usia dini. Terbukti kota ini menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang membuat program “Bolokuncoro” (bocah solo tekun moco aksoro), dengan kearifan lokalnya program ini direalisasikan memberikan buku pertama bagi anak usia dini secara gratis di seluruh kota Solo. Namun terbatasnya APBD menjadikan pendistribusian buku bolokuncoro tidak merata penerapan buku kepada lembaga PAUD untuk digunakan dalam proses pembelajaran menjadi terkendala dan tidak terlaksana. Disinilah peneliti terpanggil untuk mengembangkan buku konvensional bolokuncoro ke dalam bentuk multimedia pembelajaran interaktif. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Sample Random, dengan sampel eksperimen dan kontrol sejumlah 50 siswa. Data diambil menggunakan metode observasi, tes, angket, lembar validasi para ahli dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Paired Sample t Test yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini uji coba validasi dari ahli materi dengan skor 45, validasi ahli media diperoleh skor 50 dan validasi ahli praktisi diperoleh skor 75. Penilaian dari ahli materi, ahli media dan ahli praktisi menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif berada dalam kategori layak. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Terciptanya multimedia pembelajaran interaktif bolokuncoro 2) Multimedia pembelajaran interaktif bolokuncoro efektif untuk meningkatkan kemampuan literasu anak usia dini di kota Solo, dengan hasil skor n-gain kelas eksperimen 0,84 kategori tinggi dan kelas kontrol 0,51 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif. Literasi. Anak Usia Dini
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 Feb 2020 13:45
Last Modified: 27 Feb 2020 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35096

Actions (login required)

View Item View Item