KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SD LABSCHOOL UNNES


YUWINDA ARDILA, 0106517028 (2020) KEEFEKTIFAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SD LABSCHOOL UNNES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_YUWINDA.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ardila, Yuwinda. 2020. “Keefektifan Kelompok Psikoedukasi dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa di SD Labschool UNNES”. Tesis. Magister Program Studi Bimbingan dan Konseling. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd., Pembimbing II Mulawarman, Ph.D. Kata Kunci: Kelompok Psikoedukasi, Teknik Modeling, Keterampilan Sosial Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis keefektifan layanan kelompok psikoedukasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan non-equivalent group pretest post-test control group design. Teknik random assignment sampling digunakan untuk memilih 10 orang subjek eksperimen yang ditempatkan ke dalam dua kelompok sehingga setiap kelompok terdiri atas lima orang siswa. Perlakuan diberikan sebanyak 8 kali sesi pertemuan dengan durasi 50 menit setiap sesi. Pengumpulan data menggunakan Goal Attainment Scale (GAS) yang terdiri dari lima tujuan skala GAS keterampilan sosial yaitu: 1) berhubungan dengan teman sebaya, 2) pengaturan diri, 3) kemampuan akademik, 4) kepatuhan, dan 5) penegasan atau asertif. Hasil uji koefesiensi regresi uji F ANOVA menunjukkan bahwa layanan kelompok psikoedukasi teknik modeling efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa yangmana diperoleh F tabel=4,46; dengan p<0,05 sehingga kelompok eksperimen terbukti memberikan efek signifikan dengan nilai F=73,164; p=0,00 sedangkan kelompok kontrol F=4,151; p=0,76. Temuan penelitian ini menegaskan bahwa layanan kelompok psikoedukasi dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Psikoedukasi, Teknik Modeling, Keterampilan Sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Counseling
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 25 Feb 2020 15:02
Last Modified: 25 Feb 2020 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35087

Actions (login required)

View Item View Item