PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER B ELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI PAUD CERDAS SUKOREJO-KENDAL


KURNIYAH, 0103515034 (2020) PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER B ELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI PAUD CERDAS SUKOREJO-KENDAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_KURNIYAH.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kurniyah. 2019. “Pembelajaran Berbasis Lingkungan sebagai Sumber Belajar pada Anak Usia Dini di PAUD Cerdas Sukorejo-Kendal” Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. D. Y. P Sugiharto, M.Pd., Kons., Pembimbing II Dr. Kustiono, M.Pd. Kata Kunci: Lingkungan belajar, Sumber belajar, PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis perencanaan pembelajaran dalam memanfaatkan lingkungan di PAUD Cerdas Sukorejo-Kendal, (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di PAUD Cerdas Sukorejo–Kendal, (3), menganalisis penilaian pembelajaran dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di PAUD Cerdas Sukorejo-Kendal, (4) menganalisis kendala dalam menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan sebagai sumber belajar di PAUD Sukorejo-Kendal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di PAUD Cerdas. Subyek penelitian guru dan peserta didik PAUD Cerdas. Informannya adalah pengawas dan orang tua peserta didik. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis dilakukan dengan menggunakan model interaktif dalam analisis data menurut Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan perencanaan pembelajaran dalam memanfaatkan lingkungan di PAUD Cerdas Sukorejo-Kendal mencakup Rencana Program Semester (RPS), Rencana Penyelenggaraan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Penyelenggaraan Pembelajara Harian (RPPH). Pelaksanaan pembelajaran dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di PAUD Cerdas Sukorejo–Kendal mencakup pelaksanaan kegiatan pembukaan, pelaksanaan kegiatan inti dan pelaksanaan kegiatan penutup. Penilaian pembelajaran dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di PAUD Cerdas Sukorejo-Kendal mencakup penilaian chek list, penilaian catatan anekdot dan penilaian hasil karya. Lingkungan yang dipakai sebagai sumber belajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian mencakup tiga jenis lingkungan yaitu lingkungan alam, lingkungan sosial dan lingkungan buatan. Kendala dalam menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan sebagai sumber belajar di PAUD Sukorejo-Kendal adalah iklim dan letak Desa Sukorejo di daerah pegunungan yang memiliki intensitas curah hujan yang cukup tinggi, sehingga terkadang perencanaan yang telah dibuat tidak dapat dilaksanakan dandinilai. Saran bagi sekolah adalah hendaknya memperbanyak kegiatan berbasis lingkungan serta memperbaharui kegiatan yang lama dengan kegiatan yang lebih menarik minat anak dimana setiap akhir pembelajaran kegiatan yang dilakukan berkaitan antara kegiatan yang satu dengan yang lainnya. Sedangkan bagi orangtua hendaknya berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh sekolah dan guru dengan memberikan kontribusi dan terus mendampingi anak dalam kegiatan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan belajar, Sumber belajar, PAUD.
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 25 Feb 2020 12:44
Last Modified: 25 Feb 2020 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35081

Actions (login required)

View Item View Item