Teknik Pemasaran Pentakustik Entertainment Semarang
Rizky Ramadhani , 2501412128 (2019) Teknik Pemasaran Pentakustik Entertainment Semarang. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (Teknik Pemasaran Pentakustik Entertainment Semarang)
- Published Version
Download (961kB) | Preview |
Abstract
Seni musik mengalami perkembangan pesat seiring dengan perkembangan musik dunia. Jenis-jenis musik pun semakin beragam. Grup-grup musik pun mulai bermunculan Pentakustik Entertainment adalah salah satu manajemen musik di Semarang yang bergerak dibidang jasa, khususnya musik. Dalam menjalankan usaha dibidang jasa pemilik usaha harus mendapatkan pendapatan dari konsumen. Untuk mendapatkan konsumen pemilik usaha juga harus melakukan pemasaran. Tentu ada teknik tertentu dalam memasarkan jasanya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik pemasaran Pentakustik Entertainment di Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana analisis data dilakukan secara induktif. Lokasi penelitian dilakukan di kota Semarang dengan sasaran kegiatan pemasaran Pentakustik Entertainment diantaranya mengenai bagaimana bentuk manajemen, bentuk pelayanan terhadap klien, strategi dalam mendapatkan klien, dan pemasaran apa yang paling efektif. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Teknik pemasaran yang digunakan sesuai dengan teknik pemasaran jasa yaitu teknik pemasaran internal, eksternal, dan interaktif. (1) Dalam pemasaran internal Pentakustik Entertainment melakukan kegiatan pemasaran di dalam anggota kelompok berupa briefing dan sharing tentang tata cara bertemu klien. (2) Pemasaran eksternal yang ditemukan pada penelitian kali ini ada lima cara, yaitu; melalui Event Organizer, media sosial, publisitas, verbal saat reguler, dan kartu nama/banner. (3) pemasaran interaktif, berdasarkan penelitian Pentakustik Entertainment menggunakan instagram dan YouTube dalam memasarkan produk. (5) Dalam pendekatan faktor yang mendukung pemasaran Pentakustik Entertainment juga menggunakan 4P, yaitu product, price, place, promotion. Saran dari hasil penelitian adalah dalam upaya meningkatkan pemasaran perlu menggunakan sales promotion sebagai salah satu pendekatan pemasaran. hal periklanan, selain kartu nama dan banner perlu ditambah untuk mengiklankan jasa yang mereka miliki melalui media periklanan lain. Seperti contohnya; iklan di koran, radio atau menggunakan salah satu fitur dari instagram yaitu instagram ads. Dalam pemasaran internal perlu diadakannya struktur manajemen dalam menangani klien agar dapat meningkatkan pemasran. Dalam pendakatan pemasaran yaitu place, Pentakustik Entertainment perlu meningkatkan pemasarannya untuk mengenalkan jasa pada khalayak yang lebih luas dengan cara mengikuti wedding expo atau pun pameran pernikahan event lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik, pemasaran, pemasaran jasa, Pentakustik, Semarang |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 99 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 15:02 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 15:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35075 |
Actions (login required)
View Item |