EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN KLATEN
BASUKI RACHMAT, 0602517025 (2020) EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Basuki Rachmat, 2019. “Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olaharaga Dan Kesehatan Pada SMP Negeri Di Kabupaten Klaten”. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Prof. Dr. Soegiyanto, MS. Pembimbing II : Dr. Rumini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Evaluasi, Pelaksanaan Kurikulum 2013, Pendidikan Jasmani Permasalahan penelitian ini mengetahui keterlaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan jasmani pada aspek: (1) Buku pelajaran siswa, Buku pedoman guru, dan pelatihan Kurikulum 2013 (2) Manajemen pembelajaran dan layanan kesiswaan; (3) Proses pembelajaran (4) Proses penilaian dan Hasil belajar siswa (5) Kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method yakni pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif dengan desain evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Scriven. Sumber utama data dalam penelitian ini adalah SMPN 1 Delanggu, SMPN 2 Klaten, SMPN 1 Prambanan, SMPN 1 Jatinom, dan SMPN 1 Karangdowo. Mengumpulkan data dan informasi evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 pendidikan jasmani pada SMP Negeri dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif didukung dengan data kuantitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Evaluasi Kurikulum 2013 pendidikan jasmani pada SMP Negeri di Kabupaten Klaten menunjukkan bahwa aspek: 1) Buku pelajaran siswa terlaksana baik rata-rata skor 3,3, buku pedoman guru terlaksana cukup baik ratarata skor 3,25 dan belum terlaksana pelatihan Kurikulum 2013. 2) Manajemen pembelajaran terlaksana baik rata-rata skor sebesar 3,64 dan layanan kesiswaan terlaksana cukup baik rata-rata skor 3,18. 3) Proses pembelajaran terlaksana baik rata-rata skor sebesar 3,42. 4) proses penilaian terlaksana baik rata-rata skor 4 dan hasil belajar KKM 74. 5) Kendala yang dihadapi IT, out come, menggunakan metode komando, penilaian sikap kurang optimal dan membuat rubrik penilaian masih kurang dan masih terbatasnya sarpras dan media. Simpulan: 1) Buku pelajaran siswa terlaksana cukup baik, buku pedoman guru terlaksana baik, dan pelatihan kurikulum 2013 belum terlaksana 2) Manajemen pembelajaran terlaksana baik dan layanan kesiswaan terlaksana cukup baik, 3) proses pembelajaran terlaksana dengan baik, 3) Proses penilaian terlaksana baik dan hasil belajar siswa KKM 74, 4) Kendala dihadapi IT, out come, menggunakan metode komando, penilaian sikap kurang optimal dan rubrik penilaian dan terbatasnya sarparas dan media. Saran kepala sekolah agar sering melakukan sosialisasi Kurikulum 2013. Bagi pemerintah mengkaji dan memperbaiki isi buku siswa, buku guru masih belum lengkap dan pelatihan Kurikulum 2013 guru pendidikan jasmani lebih sering diadakan serta fasilitas sarpras yang terbatas dilengkapi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Pelaksanaan Kurikulum 2013, Pendidikan Jasmani |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 19:17 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 12:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35025 |
Actions (login required)
View Item |