EVALUASI PELAKSANAAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN Oleh LSP-P3 DI KABUPATEN BANYUMAS MENGGUNAKAN MODEL CIPP


TRI KUNTORO, 0501517015 (2020) EVALUASI PELAKSANAAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN Oleh LSP-P3 DI KABUPATEN BANYUMAS MENGGUNAKAN MODEL CIPP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_TRI_KUNTORO.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kuntoro, Tri. 2020 “Evalusai Pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Oleh LSP-P3 Di Kabupaten Banyumas” Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd., IPM., Pembimbing II Samsudin Anis, S.T., M.T., Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK program keahlian teknik kendaraan ringan oleh LSP-P3 di Kabupaten Banyumas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan CIPP yang meliputi aspek context, input, process, product dan secara menyeluruh. Penelitian ini dilaksanakan pada empat SMK di Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah asesor yang berjumlah 16 orang. Sampel yang di gunakan adalah seluruh anggota populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Uji validitas dengan validitas isi CVR (content validity ratio), validitas butir dengan uji terbatas dan dilakukan analisis product moment. Uji reliabilitas menggunakan alpha Cronbach. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriftip. Pendeskripsian data menggunakan pendekatan kategori jenjang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK program keahlian teknik kendaraan ringan oleh LSP-P3 di Kabupaten Banyumas ditinjau dari aspek : (1) context termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 41,63 atau (86,7%); (2) input termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 55,18 atau (86,23%); (3) process termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 37,50 atau (85,23%); (4) product termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian kualitas sebesar 27,44 atau (85,74%); dan (5) secara menyeluruh termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai pencapaian hasil kualitas sebesar 161,75 atau (86,04%). Pelaksanaan uji sertifikasi siswa SMK program keahlian teknik kendaraan ringan oleh LSP-P3 di Kabupaten Banyumas masih perlu ditingkatkan lebih maksimal lagi walaupun secara keseluruhan sudah berjalan sangat baik. Hal ini mengandung implikasi bahwa pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi harus memperhatikan kompetensi asesor. Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi hendaknya dilaksanakan secara berjenjang untuk menyelesaikan seluruh skema agar lulusan mendapatkan sertifikat kompetensi SKKNI level 2. Kata kunci : evaluasi, CIPP, uji sertifikasi kompetensi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sertifikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 19 Feb 2020 16:31
Last Modified: 19 Feb 2020 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35018

Actions (login required)

View Item View Item