ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE


Puspawuni , 4101414088 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA PEMBELAJARAN  THINK TALK WRITE  ]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN PADA PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Belum optimalnya kemampuan representasi matematis siswa menjadi salah satu faktor banyaknya siswa dengan nilai yang belum mencapai KKM. Proses berpikir siswa untuk membentuk representasi baru dipengaruhi oleh kepribadiannya, sehingga akan sangat membantu jika guru mengetahui karakteristik proses berpikir masing-masing siswa yang digolongkan berdasarkan tipe kepribadiannya. Keberadaan model-model pembelajaran koopertif yang efektif kini hadir untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya adalah model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi pokok prisma dan limas pada pembelajaran Think Talk Write mencapai ketuntasan klasikal, dan (2) mengetahui kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari tipe kepribadian Guardian, Artisan, Idealist, dan Rational pada pembelajaran Think Talk Write. Jenis penelitian ini adalah mixed methods. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa Guardian, 2 siswa Artisan, 2 siswa Idealist, dan 2 siswa Rational. Metode pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada aspek representasi visual, simbolik, dan verbal dengan kriterianya yakni: (1) membuat gambar bangun-bangun geometri untuk menjelaskan masalah dan memfasilitasi penyelesaian (K1), (2) membuat persamaan atau model matematis dari permasalahan atau informasi yang diberikan (K2), (3) penyelesaian masalah dengan melibatkan ekspresi matematis (K3), (4) menuliskan interpretasi dari suatu representasi (K4), dan (5) menuliskan langkahlangkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata (K5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan representasi matematis siswa pada materi pokok prisma dan limas dengan pembelajaran Think Talk Write mencapai ketuntasan klasikal, (2) kemampuan representasi matematis ditinjau dari tipe kepribadiannya adalah (a) subjek Guardian mampu memenuhi kriteria K1, K2, dan K4, kurang mampu memenuhi kriteria K3, dan tidak mampu memenuhi kriteria K5, (b) subjek Artisan mampu memenuhi kriteria K3, kurang mampu memenuhi kriteria K1, K2, dan K4, dan tidak mampu memenuhi kriteria K5, (c) subjek Idealist mampu memenuhi kriteria K1 dan K2, kurang mampu memenuhi memenuhi kriteria K3 dan K4, dan tidak mampu memenuhi kriteria K5, subjek Rational mampu memenuhi kriteria K1 dan K3, kurang mampu memenuhi kriteria K2, K4 dan K5

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Tipe Kepribadian, Think Talk Write
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Feb 2020 15:49
Last Modified: 12 Feb 2020 15:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34980

Actions (login required)

View Item View Item