ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN KARTU MASALAH
Maria Metha Dwi Pebriyanti , 4101414087 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN KARTU MASALAH. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN KARTU MASALAH)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran matematika pada pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan kartu masalah efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan tanggung jawab pada pembelajaran Two Stay Two Stray, dan mendeskripsikan tanggung jawab siswa pada pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, angket, dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A - VII B SMP Kebon Dalem Semarang tahun ajaran 2017/2018, secara teknik random sampling terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Terdapat 6 subjek kualitatif dalam penelitian ini yaitu 2 siswa dengan tanggung jawab tinggi, 2 siswa dengan tanggung jawab sedang, dan 2 siswa dengan tanggung jawab rendah. Hasil penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model Two Stay Two Stray efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Hal ini dikarenakan (1) kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dapat mencapai KKM dan ketuntasan klasikal, (2) kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran Two Stay Two Stray lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan bahwa: (1) Subjek dengan tanggung jawab tinggi mampu mencapai tiga indikator kemampuan koneksi matematis; (2) Subjek dengan tanggung jawab sedang memiliki perbedaan dalam mencapai indikator koneksi matematis. Salah satu subjek mampu mencapai tiga indikator, sedangkan subjek yang lain mencapai dua indikator koneksi matematis; (3) Subjek dengan tanggung jawab rendah mampu mencapai satu indikator koneksi matematis. Pencapaian tanggung jawab tiap kelompok siswa yaitu: (1) Subjek dengan tanggung jawab tinggi memenuhi empat indikator tanggung jawab; (2) Subjek dengan tanggung jawab sedang memenuhi tiga indikator tanggung jawab; (3) Subjek dengan tanggung jawab rendah memenuhi satu indikator tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan koneksi matematis, tanggung jawab, two stay two stray. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 15:44 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 15:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34979 |
Actions (login required)
View Item |