ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT DITINJAU DARI SELF-EFFICACY
Sofyan Faizun Nahar , 4101414081 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT DITINJAU DARI SELF-EFFICACY)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan peningkatan KPM siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model GDL berbantuan media Powerpoint serta mendeskripsikan KPM siswa pada model GDL berbantuan media Powerpoint ditinjau dari SE. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methods. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Magelang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, sehingga diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Subjek penelitian kualitatif diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 7 subjek yang dipilih berdasarkan kategori SE. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, skala, dokumen dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) KPM siswa pada model GDL berbantuan media Powerpoint belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, dan (2) mengalami peningkatan, (3) Siswa pada SE kelompok atas dengan KPM pada kelompok tengah mampu melakukan indikator 1, 2, 3, dan cenderung mampu melakukan indikator 4, 5, 6. Siswa pada SE kelompok tengah dengan KPM pada kelompok atas mampu melakukan keenam indikator. Siswa pada SE kelompok tengah dengan KPM pada kelompok tengah mampu melakukan indikator 1, 2, 3, dan cenderung mampu melakukan indikator 4, 5, 6. Siswa pada SE kelompok tengah dengan KPM pada kelompok bawah cenderung mampu melakukan indikator 1, kurang mampu melakukan indikator 2, 3, 4, 6, dan tidak mampu melakukan indikator 5. Siswa pada SE kelompok bawah dengan KPM pada kelompok atas mampu melakukan indikator 1, 2, 4, 5, 6, dan cenderung mampu melakukan indikator 3. Siswa pada SE kelompok bawah dengan KPM pada kelompok tengah cenderung mampu melakukan indikator 1, 2, cukup mampu melakukan indikator 3, 4, dan kurang mampu melakukan indikator 5, 6. Siswa pada SE kelompok bawah dengan KPM pada kelompok bawah cukup mampu melakukan indikator 1, kurang mampu melakukan indikator 2, 3, 4, 6, dan tidak mampu melakukan indikator 5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, siswa pada kelompok SE tengah dan bawah perlu dibiasakan untuk menarik kesimpulan dengan kalimat sehari-hari dari suatu permasalahan pada indikator menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi dan memeriksa kesahihan dari suatu argumen dengan melakukan pengecekan terhadap hasil pekerjaannya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis (KPM), Self-Efficacy (SE), Guided Discovery Learning (GDL), Media Powerpoint. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 15:13 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 15:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34975 |
Actions (login required)
View Item |