KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PBL-BERTEMA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL


Amelia Octaviasari , 4101414066 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PBL-BERTEMA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PBL-BERTEMA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA PBL-BERTEMA DITINJAU DARI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis. Tujuan penelitian ini untuk menguji keefektifan model PBL-Bertema terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, mengetahui adanya pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada model PBL-Bertema ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL-Bertema efektif untuk pembelajaran matematika terutama materi keliling dan luas jajargenjang, persegi panjang dan persegi, (2) tingkat kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, dan (3) subjek pada ketiga tingkatan kecerdasan emosional mampu pada indikator menunjukkan fakta yang ada dan menjawab pertanyaan mengapa. Pada indikator mengidentifikasi atau merumuskan pertanyaan, subjek pada tingkat kecerdasan emosional tinggi dan rendah mampu. Sedangkan untuk indikator mengidentifikasi dan mengendalikan hal-hal yang tidak relevan, hanya subjek pada tingkat kecerdasan emosional tinggi saja yang mampu dan pada indikator konsekuensi dari penerimaan dan penolakan keputusan, subjek pada tingkat kecerdasan emosional tinggi dan sedang yang mampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis Matematis, PBL-Bertema dan Kecerdasan Emosional.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 15:09
Last Modified: 10 Feb 2020 15:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34963

Actions (login required)

View Item View Item