KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS VII DALAM CREATIVE BASED LEARNING BERBANTUAN SMART CARD


Farah Zulfa Si’adilla , 4101414056 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS VII DALAM CREATIVE BASED LEARNING BERBANTUAN SMART CARD. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS VII DALAM CREATIVE BASED LEARNING BERBANTUAN SMART CARD]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI RASA INGIN TAHU SISWA KELAS VII DALAM CREATIVE BASED LEARNING BERBANTUAN SMART CARD) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan berpikir yang menjadi fokus pembelajaran matematika. Namun hasil di lapangan menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa masih belum optimal. Selain berpikir kritis, aspek penting lainnya yang harus diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah rasa ingin tahu siswa terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Creative Based Learning berbantuan Smart Card terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari rasa ingin tahu siswa kelas VII pada Creative Based Learning berbantuan Smart Card. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed methods) dengan sequential explanatory strategy. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2017/2018. Dengan teknik simple random sampling terpilih sampel siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Creative Based Learning berbantuan Smart Card, sedangkan di kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang ada di sekolah yaitu Discovery Learning. Dalam penelitian kuantitatif peneliti menggunakan true experimental design dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih 9 subjek penelitian dengan masing-masing 3 subjek dari kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan pengelompokkan hasil angket rasa ingin tahu. Hasil tes dianalisis dengan uji rata-rata satu pihak, uji proporsi satu pihak, uji gain ternormalisasi, uji perbedaan dua rata-rata, uji perbedaan dua proporsi, dan analisis kualitatif yang mengacu pada subindikator dari indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Creative Based Learning berbantuan Smart Card efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII. Deskripsi kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari rasa ingin tahu siswa pada model pembelajaran Creative Based Learning berbantuan Smart Card yaitu siswa pada kategori rasa ingin tahu tinggi mampu memenuhi subindikator pada semua tahap berpikir kritis matematis; siswa pada kategori rasa ingin tahu sedang hanya mampu memenuhi subindikator pada tahap klarifikasi, sedangkan subindikator pada tahap asesmen, tahap penyimpulan, dan tahap strategi kurang terpenuhi; dan siswa pada kategori rasa ingin tahu rendah hanya mampu memenuhi subindikator pada tahap klarifikasi, sedangkan subindikator pada tahap asesmen, tahap penyimpulan, dan tahap strategi belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Rasa Ingin Tahu, Creative Based Learning, Smart Card.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:56
Last Modified: 10 Feb 2020 14:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34960

Actions (login required)

View Item View Item