KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN REACT DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT
Nurfeti Dwi Susilowati , 4101414014 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN REACT DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN REACT DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP masih rendah. Hal tersebut dikarenakan kurang terlatihnya siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah dan penerapan model pembelajaran yang kurang efektif sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran REACT efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran REACT ditinjau dari AQ siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi dengan desain sequential explanatory. Subjek dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan analisis AQ menggunakan angket AQ pada siswa kelas VIII A SMP N 13 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes kemampuan pemecahan masalah matematika, dan wawancara. Pada analisis data kuantitatif dilakukan uji hipotesis 1 (uji rata-rata ketuntasan), uji hipotesis 2 (uji proporsi ketuntasan), dan uji hipotesis 3 (uji perbedaan dua rata-rata). Sedangkan untuk analisis data kualitatif dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran REACT efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Indikator pemecahan masalah menurut NCTM yang dapat dicapai oleh siswa quitters hanya indikator kedua. Kemampuan pemecahan masalah siswa quitters dalam pemecahan masalah matematika hanya mampu memecahkan masalah yang muncul di dalam matematika dan di dalam konteks-konteks lain. Sedangkan indikator pemecahan masalah menurut NCTM yang dapat dicapai oleh siswa campers adalah semua indikator, kecuali indikator ke-4. Siswa campers kurang mampu memonitor dan merefleksikan proses dari pemecahan masalah matematika. Sedangkan siswa climbers dapat mencapai semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematika menurut NCTM.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan pemecahan masalah matematika, pembelajaran REACT, Adversity Quotient (AQ). |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 13:40 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 13:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34935 |
Actions (login required)
View Item |