EKSPRESI MUSIKAL DAN KRITIK SOSIAL PADA LAGU “BAHAYA KOMUNIS” KARYA JASON RANTI


Ragil Dwi Prasetya , 2501412009 (2019) EKSPRESI MUSIKAL DAN KRITIK SOSIAL PADA LAGU “BAHAYA KOMUNIS” KARYA JASON RANTI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EKSPRESI MUSIKAL DAN KRITIK SOSIAL PADA LAGU “BAHAYA KOMUNIS” KARYA JASON RANTI]
Preview
PDF (EKSPRESI MUSIKAL DAN KRITIK SOSIAL PADA LAGU “BAHAYA KOMUNIS” KARYA JASON RANTI) - Published Version
Download (943kB) | Preview

Abstract

Jason Ranti adalah penyanyi solo yang memiliki konsep bermusik menggunakan lirik lagu yang lugas dan sarkas dalam menyikapi fenomena sosial yang ada di masyarakat. Peneliti memilih Jason Ranti untuk diteliti karena memiliki segmentasi pasar yang sesuai dengan isu sosial yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat dan memiliki kemasan lagu yang tidak biasa. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah bentuk ekspresi musikal dan kritik sosial yang terdapat pada lagu Bahaya Komunis karya Jason Ranti?. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku seni, Civitas Akademika dan masyarakat pada umumnya. Landasan teori yang digunakan berisi uraian tentang ekspresi yang mencakup “tempo, dinamik, gaya” menurut Jamalus, serta kritik yang mencakup “perspektif sosiohistoris, perspektif psikologis, dan perspektif konflik” menurut Narwoko dan Suyanto. Peneletian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan tentang Ekspresi Musikal dan Kritik Sosial Lagu Bahaya Komunis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model air, yaitu Reduksi data, Sajian data, dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa ekspresi musikal lagu Bahaya Komunis memperhatikan tiga hal yang mempengaruhi penyajian sebuah karya musik menurut Jamalus, yaitu dinamika, tempo, dan gaya. Tempo yang konstan (tetap) memberikan kesan monoton pada lagu Bahaya Komunis. Dinamika lagu yang menggunakan sforzando (aksen kuat yang tiba-tiba) menghasilkan kesan dinamis. Gaya meliputi aspek gerak, aspek suara, aspek rupa dan aspek pelaku yang diolah untuk membentuk karakter Jason Ranti. Kritik sosial yang terdapat pada lagu Bahaya Komunis dapat diklasifikasikan menjadi perspektif sosiologis (lirik lagu), perspektif psikologis (iklim kritik sosial melalui karya lagu), perspektif konflik (menyikapi mengapa Jason Ranti menciptakan lagu Bahaya Komunis). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekspresi musikal lagu Bahaya Komunis meliputi dinamika, tempo dan gaya. Kritik sosial lagu Bahaya Komunis meliputi perspektif sosiohistoris, perspektif psikologis, dan perspektif konflik. Berdasarkan simpulan, disarankan kepada Jason Ranti agar: 1) Jason Ranti menjaga kualitas karyanya dengan mempertahankan ekspresi musikal seperti dinamika, tempo dan gaya. 2) Jason Ranti menyertakan sinopsis lagu Bahaya Komunis pada setiap penyajian lagu, karena lirik lagu Bahaya Komunis berpotensi menimbulkan ambiguitas pemaknaan lirik lagu oleh pendengar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekspresi Musikal, Kritik Sosial.
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Feb 2020 14:08
Last Modified: 07 Feb 2020 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34924

Actions (login required)

View Item View Item