PEMANFAATAN BIJI-BIJIAN DALAM PEMBELAJARAN RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VII H SMP N 17 SEMARANG


Alfi Sholehah Dwi Meyrani , 2401415055 (2019) PEMANFAATAN BIJI-BIJIAN DALAM PEMBELAJARAN RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VII H SMP N 17 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMANFAATAN BIJI-BIJIAN DALAM PEMBELAJARAN RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VII H SMP N 17 SEMARANG]
Preview
PDF (PEMANFAATAN BIJI-BIJIAN DALAM PEMBELAJARAN RAGAM HIAS BAGI SISWA KELAS VII H SMP N 17 SEMARANG) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media alternatif dalam berkarya, diharapkan dapat memacu antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran seni di kelas. Siswa akan dapat terlatih keterampilannya untuk mengungkapkan gagasan dengan pemilihan media berkarya yang berbeda. Bahan biji-bijian dimanfaatkan karena bentuk, ukuran, dan warna yang variatif, sehingga dapat membuat siswa tertarik dalam mengkreasikan motif ragam hias. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan; (1) mendeskripsikan bentuk pembelajaran ragam hias menggunakan bahan biji-bijian bagi siswa kelas VII H SMP Negeri 17 Semarang; (2) menganalisis hasil karya pemanfaatan biji-bijian dalam pembelajaran ragam hias bagi siswa kelas VII H SMP Negeri 17 Semarang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan meliputi statistik deskriptif, pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran ragam hias menggunakan bahan biji-bijian tidak dilaksanakan sesuai RPP. Tujuan pembelajaran siswa mampu berkarya ragam hias dengan memanfaatkan biji-bijian. Materi pembelajaran prosedur memanfaatkan biji-bijian sebagai media berkarya ragam hias. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, dan penugasan. Kegiatan perencanaan dan pelaksaanaan tidak sesuai anjuran SOP pembelajaran saintifik. Hasil karya siswa kelas VII H mayoritas mendapatkan nilai dengan kategori baik. Karya siswa berdasarkan ide/ gagasan sebagian besar menunjukkan jenis ragam hias motif flora dan fauna dengan menyederhanakan corak ragam hias (stilasi). Unsur visual dan prinsip desain, sebagian besar selaras/ harmoni. Keterampilan teknis sebagian besar rapi. Saran yang direkomendasikan bagi guru, perlu memperhatikan dengan teliti dalam membuat RPP, baik dalam segi penulisan maupun penyusunan. Dalam pelaksanaan praktik berkarya, diharapkan siswa dapat menyelesaikan di kelas, sehingga guru dapat memantau proses berkarya hingga selesai sekaligus mengevaluasi. Bagi sekolah, perlu adanya monitoring kinerja guru untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ragam Hias, Hasil Karya
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Jan 2020 12:31
Last Modified: 28 Jan 2020 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34853

Actions (login required)

View Item View Item