PAKAIAN ADAT DAERAH DI INDONESIA SEBAGAI INSPIRASI ILUSTRASI KARAKTER SUPER HERO DENGAN TEKNIK DIGITAL


Reza Alfian Maulana , 2401414027 (2019) PAKAIAN ADAT DAERAH DI INDONESIA SEBAGAI INSPIRASI ILUSTRASI KARAKTER SUPER HERO DENGAN TEKNIK DIGITAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PAKAIAN ADAT DAERAH DI INDONESIA SEBAGAI INSPIRASI ILUSTRASI KARAKTER SUPER HERO DENGAN TEKNIK DIGITAL]
Preview
PDF (PAKAIAN ADAT DAERAH DI INDONESIA SEBAGAI INSPIRASI ILUSTRASI KARAKTER SUPER HERO DENGAN TEKNIK DIGITAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan yang tak ternilai. Adat dan istiadat yang ada di tiap suku merupakan warisan turun temurun yang patut dijaga kelestariannya. Salah satu bentuk kekayaan itu adalah pakaian adat tiap suku yang berbeda satu sama lain dan masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Oleh sebab itu, pakaian adat merupakan potensi tersendiri bagi bangsa Indonesia yang dapat dimunculkan dalam bentuk ilustrasi karakter super hero. Dewasa ini super hero menjadi populer di kalangan masyarakat, terbukti dengan selalu dinantinya film-film keluaran Marvel atau DC. Pada 2008 Marvel Comics membuat Marvel Universe dalam bentuk film yaitu Marvel Cinematic Universe yang hingga April 2018 telah merilis 19. Dari film-film yang diluncurkan Marvel terbukti sangat digemari masyarakat dunia bahkan Indonesia. Belum lagi perusahaan saingan Marvel, yaitu DC Comics dengan DC Extended Universe memulai universenya di tahun 2013 dengan dikeluarkannya film Man of Steel atau yang biasa disebut Superman. Tujuan proyek studi ini adalah untuk menghasilkan rancangan ilustrasi karakter super hero yang terinspirasi dari pakaian adat Indonesia. Media yang digunakan adalah digital print pada kertas Ivory 260 gsm. Teknik berkarya dilakukan mulai dari pembuatan skets ilustrasi yang akan diterapkan dengan menggunakan komputer dan bantuan pentablet pada software Adobe Photosop CS3. Kemudian dilakukan proses pewarnaan dengan teknik greyscale dan memberikan teks narasi. Kemudain dicetak dan disajikan dengan frame. Proses berkarya meliputi: (1) Pencarian Ide, (2) Penetapan Tujuan, (3) Analisis Khalayak Sasaran, (4) Pra Produksi, meliputi menentukan pakaian adat, merancang konten (5) Produksi, meliputi pembuatan sketsa, proses pewarnaan, pemberian teks, konsultasi karya, print out dan finishing (6) Pasca Produksi. Dalam pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain. Karya yang dihasilkan adalah 15 ilustrasi karakter super hero yang terinspirasi dari pakaian adat daerah di Indonesia dengan ukuran 60 cm x 84 cm. Karakteristik karya ilustrasi yang dibuat menggunakan pendekatan realistis. Karya proyek studi ini sudah menghasilkan 15 ilustrasi karakter super hero yang terinspirasi dari pakaian adat daerah di Indonesia. Ilustrasi karakter ini diharapkan dapat menarik minat genarasi muda untuk mempelajari lebih dalam mengenai pakaian adat Indonesia dan potensi-potensi yang serupa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia untuk dapat ditunjukkan ke masyarakat luas. Ilustrasi karakter ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada ilustrator lain untuk menciptakan karya dengan pemilihan tema yang berbeda dan lebih kreatif serta bervariasi lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi Karakter, Super Hero, Pakaian Adat, Teknik Digital
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Jan 2020 18:27
Last Modified: 27 Jan 2020 18:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34836

Actions (login required)

View Item View Item